Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Tulisan Aksara Jawa Lengkap dengan Artinya dari Nama Orang, kalimat, dan Contoh Soal

Hai, di artikel Thebeatstatseats kali ini saya akan memperlihatkan beberapa contoh tulisan aksara Jawa lengkap dengan artinya mulai dari nama orang, kalimat, hingga contoh soal untuk ujian anak sekolah yang mungkin sedang Anda butuhkan untuk belajar maupun untuk kepentingan yang lainnya.

contoh tulisan aksara jawa

Tulisan aksara Jawa yang saya contohkan di artikel ini tentunya bisa Anda salin (copy) dengan baik melalui smartphone maupun komputer. Namun khusus untuk perangkat komputer, ada satu hal yang harus Anda perhatikan.

Jika contoh tulisan aksara Jawa di bawah ini tidak bisa ditampilkan dengan baik di komputer atau laptop Anda, atau malah berubah menjadi kotak-kotak, artinya di laptop Anda belum terinstal font yang dapat menampilkan aksara Jawa tersebut.

Solusinya, tentu Anda harus menginstal font unicode yang mendukung aksara Jawa tersebut pada komputer Anda. Anda bisa instal font bernama Tuladha Jejeg, Noto Sans Javanese, atau font aksara Jawa lainnya yang telah saya bagikan di artikel yang lain.

Lalu, bagaimana dengan perangkat smartphone sendiri? Baik Android atau iOS, Anda tidak terlalu membutuhkan font aksara Jawa tersebut karena dengan font bawaannya saja, tulisan aksara jawa sudah bisa ditampilkan dengan baik.

Baiklah, langsung saja kita lihat contoh tulisan aksara Jawa dan artinya di bawah ini. Namun sebelumnya, mohon Anda koreksi dan periksa kembali jika ada penulisan aksara Jawa yang salah atau keliru.

Contoh Tulisan Aksara Jawa dan Artinya

1. Tulisan Aksara Jawa Lengkap

Sebelum saya perlihatkan contoh tulisan aksara Jawa, alangkah baiknya saya bagikan terlebih dahulu untuk Anda sebuah ebook pengenalan aksara Jawa karya Setya Amrih Prasaja. Dengan ebook ini, Anda bisa belajar cara menulis aksara Jawa dengan benar sesuai kaidahnya.

Di dalam ebook ini Anda bisa menemukan tulisan aksara Jawa lengkap mulai dari aksara nglegena atau wyanjana dan pasangannya, aksara jawa AIUEO atau swara, aksara Jawa angka, adeg-adeg (tanda baca aksara Jawa), aksara jawa murda dan pasangannya, aksara rekan dan pasangannya, dan lain-lain.

Anda bisa lihat ebook tersebut dan mendapatkannya melalui link di bawah ini.


2. Contoh Tulisan Aksara Jawa Nama Orang

Contoh tulisan aksara Jawa kita mulai dengan nama orang ya! Agar adil, maka kita buat saja nama perempuan dan nama laki-laki masing-masing 5 buah.

Tidak perlu nama yang keren, cukup dengan nama-nama yang sudah populer dan banyak dipakai oleh kalangan masyarakat Jawa saja ya hehe.

Tulisan aksara Jawa nama laki-laki

  1. Arjuna: ꦄꦂꦗꦸꦤ
  2. Candra:  ꦕꦤ꧀ꦢꦿ
  3. Eko:  ꦌꦏꦺꦴ
  4. Wahyu: ꦮꦃꦪꦸ
  5. Wisnu:  ꦮꦶꦱ꧀ꦤꦸ

Tulisan aksara Jawa nama perempuan:

  1. Sinta:  ꦱꦶꦤ꧀ꦠ
  2. Mega:  ꦩꦺꦒ
  3. Ayu:  ꦄꦪꦸ
  4. Windi:  ꦮꦶꦤ꧀ꦢꦶ
  5. Indah:  ꦆꦤ꧀ꦢꦃ
Mau melihat tulisan aksara Jawa nama orang lebih lengkap? Saya telah menyiapkan untuk Anda 82 buah contoh nama lain baik laki-laki maupun perempuan yang ditulis ke dalam bentuk tulisan aksara Jawa tersebut pada artikel lainnya di blog ini.

3. Contoh Tulisan Kalimat Aksara Jawa

Untuk contoh kalimat dalam tulisan aksara Jawa di bawah ini ada yang menggunakan bahasa Jawa dan ada juga yang artinya berbahasa Indonesia. Karena kita tahu, hebatnya aksara Jawa ialah kita bisa menggunakannya untuk menuliskan kata atau kalimat dalam bahasa apa saja bukan?
  1. Kita lagi mangan karo sate: ꦏꦶꦠ​ꦭꦒꦶ​ꦩꦔꦤ꧀​ꦏꦫꦺꦴ​ꦱꦠꦺ
  2. Kidung wahyu kolosebo: ꦏꦶꦢꦸꦁ​ꦮꦃꦪꦸ​ꦏꦺꦴꦭꦺꦴꦱꦺꦧꦺꦴ
  3. Nganggo klambi anyar karo bagus: ꦔꦁꦒꦺꦴ​ꦏ꧀ꦭꦩ꧀ꦧꦶ​ꦲꦚꦂ​ꦏꦫꦺꦴ​ꦧꦒꦸꦱ꧀
  4. Jakarta ibu kota Indonesia: ꦗꦏꦂꦠ​ꦲꦶꦧꦸ​ꦏꦺꦴꦠ​ꦆꦤ꧀ꦢꦺꦴꦤꦺꦱꦶꦪ
  5. Belajar supaya pintar: ꦧꦺꦭꦗꦂ​ꦱꦸꦥꦪ​ꦥꦶꦤ꧀ꦠꦂ
Mau contoh kalimat dalam aksara Jawa yang lain? Kunjungi 20 tulisan aksara Jawa dari berbagai kalimat pada artikel yang lain.

4. Contoh Soal Aksara Jawa

Soal aksara Jawa adalah tulisan aksara Jawa terakhir yang akan saya contohkan pada artikel kita kali ini. Bagi Anda yang seorang guru bahasa Jawa di sekolah, mungkin contoh yang terakhir ini bisa Anda jadikan sebagai referensi dalam memberikan soal ujian kepada anak-anak didik Anda.

Adapun contoh soal aksara Jawa di bawah ini saya buat dalam bentuk pilihan ganda. Tentu Anda bisa mengubahnya ke dalam bentuk soal essay, kuis, dan lain sebagainya.
  1. Aksara ꦧꦸꦏꦸ​ꦧꦫꦸ jika diubah ke latin maka menjadi...
    a. Buku biru
    b. Buku baru (jawaban benar)
    c. Kutu buku
    d. Buku kamu
  2. Makan nasi jika diubah ke aksara Jawa maka tulisannya menjadi...
    a. ꦩꦏꦤ꧀​ꦫꦺꦴꦠꦶ (makan roti)
    b. ꦩꦏꦤ꧀​ꦤꦱꦶ (jawaban benar)
    c. ꦩꦭꦩ꧀​ꦲꦫꦶ (malam hari)
    d. ꦩꦕꦤ꧀​ꦭꦫꦶ (macan lari)

Nah, itulah tiga contoh tulisan aksara Jawa dan artinya yang bisa saya berikan. Selain contoh-contoh di atas, Anda juga tentunya bisa membuat tulisan aksara Jawa Anda sendiri dengan keyboard aksara Jawa maupun alat translate aksara Jawa yang sebelumnya telah saya bahas di artikel yang lain.

Mau saya tuliskan untuk Anda contoh tulisan aksara Jawa yang lain? Anda bisa memanfaatkan kolom komentar yang ada di bawah untuk menuliskan kata maupun kalimat yang ingin Anda jadikan tulisan Hanacaraka. Sekian dan terima kasih.

1 comment for "Contoh Tulisan Aksara Jawa Lengkap dengan Artinya dari Nama Orang, kalimat, dan Contoh Soal"