Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menulis dan Memberi Harakat Fathah Berdiri (Alif Khanjariyyah) Pada Huruf Arab di Ms Word

Menulis dan memberi harakat fathah berdiri (Alif Khanjariyyah) dapat Anda lakukan pada Microsoft Word versi berapapun. Mulai dari Microsoft Word 2003, 2007, 2010, 2013, hingga versi terbaru sekarang Microsoft Word 2016.

Cara memberi harakat fathah berdiri

Banyak orang yang belum mengetahui dimana letak harakat yang satu ini sehingga mereka terpaksa menulis harakat fathah biasa untuk menggantikan harakat fathah berdiri. Apakah Anda termasuk salah satu dari mereka?

Hal itu tentu merupakan tindakan yang salah mengingat bahasa Arab ini adalah bahasa yang sensitif, dalam artian jika kita salah meskipun hanya satu harakat akan menyebabkan makna yang berbeda. Untuk itu saya ingatkan telitilah selalu ketika Anda menulis tulisan Arab di Word khususnya ayat-ayat Al-Qur'an.

Lalu bagaimanakah cara menulis fathah berdiri di Word? Semua akan kami jelaskan secara detail melalui pembahasan di bawah ini.

Cara Menulis dan Memberi Harakat Fathah Berdiri (Alif Khanjariyyah)


1. Tulis Sebuah Huruf atau Kata Dalam Bahasa Arab


Hal pertama yang harus Anda lakukan tentunya adalah menulis terlebih dahulu sebuah kata maupun kalimat dalam bahasa Arab yang menggunakan harakat fathah berdiri (Alif Khanjariyyah).

Saya akan mencontohkan dengan kata Ar-Rahman. Silahkan Anda tulis sendiri kalimat dalam bahasa Arab apa yang ingin digunakan.
Kata ar-rahman
Jika Anda belum tahu cara menulis Arab di Word, saya telah menyediakan artikel lain mengenai cara menulis Arab di Word ini. Silahkan Anda bisa cek pada artikel tersebut.

Oke saya anggap Anda telah membuat sebuah kalimat dalam bahasa Arab. Lanjut ke poin selanjutnya.

2. Memberikan Harakat Fathah Berdiri (Alif Khanjariyyah)


Langkah selanjutnya yang akan saya bahas adalah cara memberi harakat pada tulisan arab di Ms Word, terutama harakat Alif Khanjariyyah.

Pertama, tempatkan pointer/kursor pada huruf hijaiyah yang akan diberi harakat. Oleh karena saya menulis kata Ar-Rahman, maka saya akan menempatkan pointer saya pada huruf Mim.
Letakkan kursor pada huruf
Pergi ke menu Insert, kemudian pilih Symbol dan klik pada More Symbols.

Menu symbol pada word
Pada kotak Font, pilih (normal text) dan pada kotak Subset Anda pilih Arabic.

Kemudian carilah symbol harakat yang diinginkan, dalam hal ini adalah harakat fathah berdiri. Gambar di bawah ini memperlihatkan bahwa harakat Alif Khanjariyyah Unicode name-nya adalah Arabic Letter Superscript Alef. Sudah ketemu? Klik tombol Insert untuk memasukkan harakat yang telah dipilih.

Pengaturan symbol

Dan terlihat bahwa huruf Mim pada kata Ar-Rahman tadi telah berharakat Alif Khanjariyyah.
Mim berharakat alif khanjariyyah
Nah seperti itulah bagaimana cara memberi harakat panjang pada tulisan arab di laptop. Lanjut pada pembahasan terakhir.

3. Membuat Shortcut Key (Tombol Pintasan) untuk Harakat


Membuat Shortcut Key ini bertujuan untuk memudahkan Anda dalam pemberian harakat. Anda tidak harus mengulang-ulang langkah kedua diatas jika Anda telah membuat shortcut ini.

Berikut saya paparkan cara membuat shortcut key tersebut.

Masuk ke menu more symbol seperti pada langkah kedua. Untuk lebih jelas, lihat pada gambar di bawah ini. Kemudian klik Shortcut Key.

Letak pengaturan shortcut key

Setelah itu, pilih kotak menu Press new shortcut key. Letakkan kursor pointer Anda pada kolom itu, lalu isikan dengan tombol kombinasi tertentu (dengan menekan secara bersamaan tombol tersebut). Misal saya menggunakan tombol Alt+Shift+P. Jika sudah, klik Assign.

Proses pembuatan shortcut key

Perlu diingat, ketika Anda memilih kombinasi tombol tertentu selalu periksa apakah kombinasi tombol yang akan Anda gunakan telah tersedia atau belum. Jika Anda menggunakan kombinasi tombol yang telah tersedia, shortcut key yang dibuat akan tidak berfungsi sebagaimana semestinya.

Nah sampai sini Anda sudah bisa memberi harakat fathah berdiri (Alif Khanjariyyah) pada huruf/kalimat berbahasa Arab dengan menggunakan shortcut Alt+Shift+Z.

Sebenarnya tutorial cara memberi harakat pada tulisan arab di laptop di atas tidak hanya digunakan untuk memberi harakat Alif Khanjariyyah saja, melainkan harakat dan tanda baca lain juga Anda bisa menggunakan cara di atas. Silahkan Anda berkreasi sendiri sesuai keinginan.

Baiklah, saya rasa cukup sekian tutorial mengenai bagaimana cara menulis dan memberi harakat fathah berdiri (Alif Khanjariyyah) pada huruf Hijaiyah.

Demikian semoga tulisan ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan maupun saran dan kritik yang membangun untuk The Beats Blog silahkan bisa Anda tuangkan melalui kolom komentar di bawah. Terima kasih.

15 comments for "Cara Menulis dan Memberi Harakat Fathah Berdiri (Alif Khanjariyyah) Pada Huruf Arab di Ms Word"

  1. Saya mau memberi harakat kasroh berdiri. Apakah tutorialnya sama ya? Mohon informasinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bisa kok mas, tutorialnya juga sama. Mas tinggal cari aja symbol kasroh berdirinya.

      Delete
  2. Bismillah
    ketika memberi harokat pada huruf hijaiyah "sa" tdk pas harokatnya gan.
    apakah agan punya cara untuk mempaskan harokatnya sama huruf nya ?

    ReplyDelete
  3. Kalau untuk keyboard pisikblackberry q10 gimana ya.
    Makasih

    ReplyDelete
  4. Kalau untuk keyboard pisikblackberry q10 gimana ya.
    Makasih

    ReplyDelete
  5. Kalau untuk keyboard pisikblackberry q10 gimana ya.
    Makasih

    ReplyDelete
  6. Kalau untuk keyboard pisikblackberry q10 gimana ya.
    Makasih

    ReplyDelete
  7. Bagaimana caranya supaya Fathah berdiri langsung masuk ke atas huruf,soalnya saya sudah mengikuti caranya tapi tetap tandanya masih sama seperti yang berada di symbol ada bulatnya.

    ReplyDelete
  8. Bagaimana cara membuat Fathah berdiri langsung masuk ke atas huruf, soalnya saya sudah mengikuti caranya tapi tetap tandanya masih sama seperti yang ada di simbol ada bulatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tempatkan kursornya tepat pada huruf hijaiyah yang akan diberi harakat fathah berdiri.

      Delete
    2. sudah dicoba bahkan sudah dicoba juga dengan cara di blok hurufnya.. tanda bulat dibawah nya tetap ngikut.. gimana caranya ?

      Delete
  9. Sy sudah mencobanya..untuk harokat fatkhah panjang..namun sm masih ada tanda bulatan juga..
    Mohon solusinya..mksih..

    ReplyDelete
  10. Terimakasih banyak atas informasinya

    ReplyDelete
  11. Udah dicoba current key nya, pas pake Alt+Shift+Z
    malah harakatnya tidak nyambung ke huruf, begitupun ketika ditambah harkat tasydid pas mau buat lafazh Allah yang benar. udah diblok juga juga untuk menyamakan ukuran font jika karena ukurannya yg tidak sama. tetap terpisah harokat dg huruf lam nya, masih kayak awal harokat dan tanda bulat putus-putus dibawahnya
    Nah, saya lihat di tutorial, ada tanda koma (,) sesudah Alt+Shift+P,
    Udah dicoba klik komanya 1 kali, malah otomatis terbuat 2 koma menjadi Alt+Shift+P,,
    pas dihapus sekali, langsung hilang Current key nya semua
    bagaimana mengatasinya lagi abang?

    keselnya, dicoba cara manual pake insert tidak bisa lagi, padahal awalnya sebelum pake shortcut key, bisa nyambung huhuhuhu..

    ReplyDelete
  12. saya izin menjawab walaupun sudah basi, jadi kalian ga bisa tuh ngetik bahasa arab dengan keyboard lalu dikasih fathah berdirinya dengan simbol, kalo mau SATU KALIMAT PAKE SIMBOL baru bisa dikasih fathah berdiri

    ReplyDelete