Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

DOAJ, Website Penyedia Jurnal Internasional Berkualitas dan Gratis untuk Didapatkan

Jika Anda ingin mendapatkan jurnal internasional yang berkualitas secara gratis, saya akan merekomendasikan sebuah website penyedia jurnal internasional yang sangat tepat untuk Anda kunjungi. Situs apa itu dan bagaimana cara mendapatkannya? Simak selengkapnya di bawah ini.

website jurnal internasional DOAJ

Website jurnal internasional yang saya rekomendasikan tersebut bernama Directory of Open Access Journals atau yang biasa disingkat dan dikenal dengan istilah DOAJ.

DOAJ (Directory of Open Access Journals) merupakan sebuah direktori online yang dikembangkan oleh komunitas secara independen yang mengindeks dan menyediakan akses ke jurnal secara terbuka yang berkualitas tinggi.

Seluruh dana yang dimiliki oleh DOAJ didapat dari hasil donasi, di mana 40% di antaranya berasal dari sponsor dan 60% dari anggota dan anggota penerbit. Oleh karena itulah mengapa semua layanan yang disediakan DOAJ termasuk jurnal internasional yang terindeks di dalamnya sepenuhnya adalah gratis.

Selain itu, DOAJ juga sudah diakui oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemristek Dikti) sebagai salah satu database dan website jurnal internasional yang berbobot dan terpercaya dalam dijadikan sebagai sumber rujukan dalam penulisan berbagai karya ilmiah.

Lalu bagaimanakah cara mencari jurnal internasional sekaligus mengunduhnya secara gratis di situs DOAJ? Ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

Cara Mendapatkan Jurnal Internasional Gratis di Website DOAJ

Pertama, buka aplikasi browser di perangkat yang Anda gunakan kemudian akses website DOAJ melalui alamat URL https://doaj.org/.

Setelah situs DOAJ terbuka, silakan Anda cari jurnal internasional yang Anda butuhkan melalui kotak penelusuran yang disediakan. Anda juga bisa menampilkan kategori jurnal melalui menu Browse Subjects.

mencari jurnal internasional

Hasil penelusuran jurnal yang Anda cari tadi akan ditampilkan. Silakan Anda pilih jurnal yang dirasa sesuai dengan karya ilmiah Anda yang sedang Anda kerjakan.

memilih jurnal internasional

Informasi jurnal mulai dari judul, nomor ISSN, penulis, penerbit, negara penerbit, bahasa jurnal, hingga abstrak jurnal akan ditampilkan. Simpan informasi tersebut untuk dijadikan daftar pustaka pada penulisan karya ilmiah Anda nanti. Adapun untuk mendapatkan jurnal tersebut, klik Full Text yang berada di samping Abstract.

full text jurnal

Halaman situs download jurnal akan terbuka. Yang harus Anda lakukan dalam tahap ini adalah mencari menu maupun tombol Download kemudian mengkliknya. Setelah itu, proses download jurnal internasional biasanya akan berlangsung secara otomatis.

download jurnal internasional PDF

Itulah panduan bagaimana mendownload sekaligus mendapatkan jurnal internasional secara gratis pada website DOAJ. Anda bisa mengulang kembali langkah-langkah di atas jika Anda masih membutuhkan jurnal yang lain.

Lihat kumpulan contoh jurnal internasional PDF dari berbagai ilmu sains seperti pendidikan, kesehatan, ekonomi, politik, dan lain sebagainya yang telah berhasil saya kumpulkan dari situs jurnal internasional DOAJ di atas maupun situs lainnya yang juga telah diakui Kemristek Dikti.

Post a Comment for "DOAJ, Website Penyedia Jurnal Internasional Berkualitas dan Gratis untuk Didapatkan"