Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Cerita Rakyat, Cerita Lucu, Cerita Pengalaman, dan Kata Mutiara dalam Tulisan Aksara Jawa

Apakah Anda sedang membutuhkan contoh cerita dalam tulisan aksara Jawa? Jika benar, maka keputusan yang tepat Anda mengunjungi artikel Thebeatstatseats kali ini karena saya telah membuatkan untuk Anda cerita rakyat, cerita lucu, cerita pengalaman, dan kata-kata mutiara dalam aksara Hanacaraka yang mungkin bisa membantu.

contoh cerita dalam aksara jawa

Aksara Jawa atau Hanacaraka adalah sebuah tulisan tradisional yang ada di Nusantara. Aksara Jawa bisa kita pakai untuk menulis apa saja, termasuk cerita rakyat, cerita lucu, cerita pengalaman, dan kata-kata mutiara sebagaimana yang akan saya perlihatkan.

Beberapa contoh tulisan aksara Jawa lain seperti nama orang baik laki-laki maupun perempuan, kata atau kalimat, dan sebagainya juga telah saya buatkan pada artikel-artikel sebelumnya. Anda bisa mengunjunginya, siapa tahu ada salah satunya yang Anda butuhkan.

Sekarang tanpa berlama-lama lagi, berikut adalah contoh cerita dalam aksara Jawa beserta artinya seperti cerita rakyat, cerita lucu, cerita pengalaman, dan kata-kata mutiara. Anda bisa menyalinnya dengan baik lewat laptop bahkan smartphone masing-masing.

Contoh Cerita dalam Tulisan Aksara Jawa Beserta Artinya

Cerita Rakyat dengan Aksara Jawa

Cerita rakyat adalah cerita yang tumbuh dan berkembang di kalangan masyarakat yang biasanya mengisahkan tentang tokoh, tempat, dan kejadian-kejadian yang terjadi di masa lampau.

Oleh karena cerita rakyat begitu panjang untuk berada di artikel ini, maka saya buatkan saja cerita rakyat dalam aksara Jawa tersebut ke dalam file dokumen PDF yang bisa Anda unduh secara gratis.

1. Dongeng Timun Mas dengan Aksara Jawa

Dongeng Timun Mas adalah cerita rakyat yang sangat populer. Menceritakan kisah seorang gadis pemberani yang berusaha untuk bertahan dan melarikan diri dari raksasa hijau jahat yang mencoba untuk menangkap dan memakannya, bagaimana cerita ini dikisahkan dalam aksara Jawa? Berikut selengkapnya.


2. Cerita Rakyat Baturaden Aksara Jawa

Baturaden adalah cerita rakyat yang berasal dari Banyumas, Jawa Tengah. Menceritakan kisah cinta antar pemuda biasa dengan seorang putri bangsawan dan asal usul suatu daerah mengapa bisa dinamakan dengan Baturaden. Berikut ceritanya.


3. Cerita Sultan Agung dalam Aksara Jawa

Sultan Agung adalah sultan ketiga dari Kesultanan Mataram yang memerintah pada tahun 1613-1645. Di bawah kepemimpinannya, Mataram berhasil menjadi kerajaan terbesar di Jawa bahkan Nusantara pada saat itu.

Sultan Agung juga telah ditetapkan sebagai pahlawan nasional Indonesia atas jasa-jasanya sebagai pejuang kemerdekaan dan budayawan. Berikut kisah Sultan Agung dalam aksara Jawa beserta artinya.


Contoh Cerita Pengalaman dalam Aksara Jawa

1. Pengalaman tentang Libur Sekolah dalam Bentuk Aksara Jawa

Liburan Sekolah di Rumah Membantu Ibu

Pada liburan sekolah yang lalu, saya tidak pergi kemana-mana. Saya hanya di rumah saja dan melakukan kegiatan saya seperti biasa kecuali sepergi ke sekolah.

Di rumah, saya membantu ibu saya memasak kue untuk tahun baru. Ketika saya membantu ibu, saya terlalu lama memanggang kue sehingga kuenya gosong. Ibu memarahi saya dan menyuruh saya untuk mengulang membuat kue dari awal. Saya malu, karena saat kami membuat kue, sepupu saya melihatnya dan menertawai saya.

Akhirnya dia pun membantu saya membuat kue. Setelah membuat kue, saya membersihkan rumah, mencuci piring dan menyapu halaman. Semua pekerjaanku dibantu oleh sepupu saya sehingga semuanya terasa mudah.

Hari demi hari berlalu, tak terasa sepi di rumah karena sepupuku yang riang ini. Walaupun saya hanya di rumah membantu orang tua saya, saya tidak merasa bosan karena sepupu saya. Itulah liburanku.

ꦭꦶꦧꦸꦫꦤ꧀​ꦱꦺꦏꦺꦴꦭꦃ​ꦢꦶ​ꦫꦸꦩꦃ​ꦩꦺꦩ꧀ꦧꦤ꧀ꦠꦸ​ꦆꦧꦸ

ꦥꦢ​ꦭꦶꦧꦸꦫꦤ꧀​ꦱꦺꦏꦺꦴꦭꦃ​ꦪꦁ​ꦭꦭꦸ꧈​​ꦱꦪ​ꦠꦶꦢꦏ꧀​ꦥꦺꦂꦒꦶ​ꦏꦺꦩꦤ​ꦩꦤ꧉​​ꦱꦪ​ꦲꦚ​ꦢꦶ​ꦫꦸꦩꦃ​ꦱꦗ​ꦢꦤ꧀​ꦩꦺꦭꦏꦸꦏꦤ꧀​ꦏꦺꦒꦶꦪꦠꦤ꧀​ꦱꦪ​ꦱꦺꦥꦺꦂꦠꦶ​ꦧꦶꦪꦱ​ꦏꦺꦕꦸꦮꦭꦶ​ꦱꦺꦥꦺꦂꦒꦶ​ꦏꦺ​ꦱꦺꦏꦺꦴꦭꦃ꧉​

ꦢꦶ​ꦫꦸꦩꦃ꧈​​ꦱꦪ​ꦩꦺꦩ꧀ꦧꦤ꧀ꦠꦸ​ꦲꦶꦧꦸ​ꦱꦪ​ꦩꦺꦩꦱꦏ꧀​ꦏꦸꦲꦼ​ꦲꦸꦤ꧀ꦠꦸꦏ꧀​ꦠꦲꦸꦤ꧀​ꦧꦫꦸ꧉​​ꦏꦺꦠꦶꦏ​ꦱꦪ​ꦩꦺꦩ꧀ꦧꦤ꧀ꦠꦸ​ꦲꦶꦧꦸ꧈​​ꦱꦪ​ꦠꦺꦂꦭꦭꦸ​ꦭꦩ​ꦩꦺꦩꦁꦒꦁ​ꦏꦸꦲꦼ​ꦱꦺꦲꦶꦁꦒ​ꦏꦸꦲꦼꦚ​ꦒꦺꦴꦱꦺꦴꦁ꧉​​ꦆꦧꦸ​ꦩꦺꦩꦫꦲꦶ​ꦱꦪ​ꦢꦤ꧀​ꦩꦺꦚꦸꦫꦸꦃ​ꦱꦪ​ꦲꦸꦤ꧀ꦠꦸꦏ꧀​ꦩꦺꦔꦸꦭꦁ​ꦩꦺꦩ꧀ꦧꦸꦮꦠ꧀​ꦏꦸꦲꦼ​ꦢꦫꦶ​ꦲꦮꦭ꧀꧉​​ꦱꦪ​ꦩꦭꦸ꧈​​ꦏꦫꦺꦤ​ꦱꦴꦠ꧀​ꦏꦩꦶ​ꦩꦺꦩ꧀ꦧꦸꦮꦠ꧀​ꦏꦸꦲꦼ꧈​​ꦱꦺꦥꦸꦥꦸ​ꦱꦪ​ꦩꦺꦭꦶꦲꦠ꧀ꦚ​ꦢꦤ꧀​ꦩꦺꦤꦺꦂꦠꦮꦻ​ꦱꦪ꧉​

ꦄꦑꦶꦂꦚ​ꦢꦶꦪ​ꦥꦸꦤ꧀​ꦩꦺꦩ꧀ꦧꦤ꧀ꦠꦸ​ꦱꦪ​ꦩꦺꦩ꧀ꦧꦸꦮꦠ꧀​ꦏꦸꦲꦼ꧉​​ꦱꦺꦠꦺꦭꦃ​ꦩꦺꦩ꧀ꦧꦸꦮꦠ꧀​ꦏꦸꦲꦼ꧈​​ꦱꦪ​ꦩꦺꦩ꧀ꦧꦺꦂꦱꦶꦃꦏꦤ꧀​ꦫꦸꦩꦃ꧈​​ꦩꦺꦚ꧀ꦕꦸꦕꦶ​ꦥꦶꦫꦶꦁ​ꦢꦤ꧀​ꦩꦺꦚꦥꦸ​ꦲꦭꦩꦤ꧀꧉​​ꦱꦺꦩꦸꦮ​ꦥꦺꦏꦺꦂꦗꦴꦤ꧀ꦏꦸ​ꦢꦶꦧꦤ꧀ꦠꦸ​ꦲꦺꦴꦭꦺꦃ​ꦱꦺꦥꦸꦥꦸ​ꦱꦪ​ꦱꦺꦲꦶꦁꦒ​ꦱꦺꦩꦸꦮꦚ​ꦠꦺꦫꦱ​ꦩꦸꦢꦃ꧉​

ꦲꦫꦶ​ꦢꦺꦩꦶ​ꦲꦫꦶ​ꦧꦺꦂꦭꦭꦸ꧈​​ꦠꦏ꧀​ꦠꦺꦫꦱ​ꦱꦺꦥꦶ​ꦢꦶ​ꦫꦸꦩꦃ​ꦏꦫꦺꦤ​ꦱꦺꦥꦸꦥꦸꦏꦸ​ꦪꦁ​ꦫꦶꦪꦁ​ꦲꦶꦤꦶ꧉​​ꦮꦭꦻꦴꦥꦸꦤ꧀​ꦱꦪ​ꦲꦚ​ꦢꦶ​ꦫꦸꦩꦃ​ꦩꦺꦩ꧀ꦧꦤ꧀ꦠꦸ​ꦲꦺꦴꦫꦁ​ꦠꦸꦮ​ꦱꦪ꧈​​ꦱꦪ​ꦠꦶꦢꦏ꧀​ꦩꦺꦫꦱ​ꦧꦺꦴꦱꦤ꧀​ꦏꦫꦺꦤ​ꦱꦺꦥꦸꦥꦸ​ꦱꦪ꧉​​ꦲꦶꦠꦸꦭꦃ​ꦭꦶꦧꦸꦫꦤ꧀ꦏꦸ꧉​

2. Cerita Aksara Jawa dengan Tema Lingkungan

Jagalah Kebersihan Sungai Kita

Bersih, jernih dan indah, itu sungai saya sebelumnya. Saya bermain di sana dengan teman-teman. Kami suka berenang dan memancing bersama. Sungaiku juga merupakan rumah bagi puluhan ikan yang berenang bebas. Jelas kami juga sering menggunakan sungai. Para ibu dan gadis desa mandi dan mencuci di sana setiap sore. Tidak hanya itu, sungai saya juga sering digunakan sebagai irigasi untuk mengairi ribuan hektar petani.

Sekarang sungai saya tercemar. Terkontaminasi oleh limbah pabrik yang mematikan. Sampah ini telah merusak sungai dan meracuni semua kehidupan di sana. Aliran sungai yang jernih dan bersih telah menjadi keruh dan dipenuhi dengan buangan limbah beracun. Tidak ada lagi taman bermain untuk kami, tidak ada lagi ikan di sungai kami. Semuanya digantikan oleh bau yang tidak enak.

Mari selamatkan sungai kita dengan mencegah sampah masuk ke sungai. Sehingga sungai kami yang dulunya jernih dan ulet bisa kembali.

ꦗꦒꦭꦃ​ꦏꦺꦧꦺꦂꦱꦶꦲꦤ꧀​ꦱꦸꦔꦻ​ꦏꦶꦠ

ꦧꦺꦂꦱꦶꦃ꧈​​ꦗꦺꦂꦤꦶꦃ​ꦢꦤ꧀​ꦲꦶꦤ꧀ꦢꦃ꧈​​ꦲꦶꦠꦸ​ꦱꦸꦔꦻ​ꦱꦪ​ꦱꦺꦧꦺꦭꦸꦩ꧀ꦚ꧉​​ꦱꦪ​ꦧꦺꦂꦩꦻꦤ꧀​ꦢꦶ​ꦱꦤ​ꦢꦺꦔꦤ꧀​ꦠꦺꦩꦤ꧀​ꦠꦺꦩꦤ꧀꧉​​ꦏꦩꦶ​ꦱꦸꦏ​ꦧꦺꦫꦺꦤꦁ​ꦢꦤ꧀​ꦩꦺꦩꦚ꧀ꦕꦶꦁ​ꦧꦺꦂꦱꦩ꧉​​ꦱꦸꦔꦻꦏꦸ​ꦗꦸꦒ​ꦩꦺꦫꦸꦥꦏꦤ꧀​ꦫꦸꦩꦃ​ꦧꦒꦶ​ꦥꦸꦭꦸꦲꦤ꧀​ꦲꦶꦏꦤ꧀​ꦪꦁ​ꦧꦺꦫꦺꦤꦁ​ꦧꦼꦧꦱ꧀꧉​​ꦗꦺꦭꦱ꧀​ꦏꦩꦶ​ꦗꦸꦒ​ꦱꦺꦫꦶꦁ​ꦩꦺꦁꦒꦸꦤꦏꦤ꧀​ꦱꦸꦔꦻ꧉​​ꦥꦫ​ꦲꦶꦧꦸ​ꦢꦤ꧀​ꦒꦢꦶꦱ꧀​ꦢꦼꦱ​ꦩꦤ꧀ꦢꦶ​ꦢꦤ꧀​ꦩꦺꦚ꧀ꦕꦸꦕꦶ​ꦢꦶ​ꦱꦤ​ꦱꦺꦠꦶꦪꦥ꧀​ꦱꦺꦴꦉ꧉​​ꦠꦶꦢꦏ꧀​ꦲꦚ​ꦲꦶꦠꦸ꧈​​ꦱꦸꦔꦻ​ꦱꦪ​ꦗꦸꦒ​ꦱꦺꦫꦶꦁ​ꦢꦶꦒꦸꦤꦏꦤ꧀​ꦱꦺꦧꦒꦻ​ꦲꦶꦫꦶꦒꦱꦶ​ꦲꦸꦤ꧀ꦠꦸꦏ꧀​ꦩꦺꦔꦻꦫꦶ​ꦫꦶꦧꦸꦮꦤ꧀​ꦲꦼꦏ꧀ꦠꦂ​ꦥꦺꦠꦤꦶ꧉​

ꦱꦺꦏꦫꦁ​ꦱꦸꦔꦻ​ꦱꦪ​ꦠꦺꦂꦕꦺꦩꦂ꧉​​ꦠꦺꦂꦏꦺꦴꦤ꧀ꦠꦩꦶꦤꦱꦶ​ꦲꦺꦴꦭꦺꦃ​ꦭꦶꦩ꧀ꦧꦃ​ꦥꦧꦿꦶꦏ꧀​ꦪꦁ​ꦩꦺꦩꦠꦶꦏꦤ꧀꧉​​ꦱꦩ꧀ꦥꦃ​ꦲꦶꦤꦶ​ꦠꦺꦭꦃ​ꦩꦺꦫꦸꦱꦏ꧀​ꦱꦸꦔꦻ​ꦢꦤ꧀​ꦩꦺꦫꦕꦸꦤꦶ​ꦱꦺꦩꦸꦮ​ꦏꦺꦲꦶꦢꦸꦥꦤ꧀​ꦢꦶ​ꦱꦤ꧉​​ꦄꦭꦶꦫꦤ꧀​ꦱꦸꦔꦻ​ꦪꦁ​ꦗꦺꦂꦤꦶꦃ​ꦢꦤ꧀​ꦧꦺꦂꦱꦶꦃ​ꦠꦺꦭꦃ​ꦩꦺꦚ꧀ꦗꦢꦶ​ꦏꦺꦫꦸꦃ​ꦢꦤ꧀​ꦢꦶꦥꦺꦤꦸꦲꦶ​ꦢꦺꦔꦤ꧀​ꦧꦸꦮꦔꦤ꧀​ꦭꦶꦩ꧀ꦧꦃ​ꦧꦺꦫꦕꦸꦤ꧀꧉​​ꦠꦶꦢꦏ꧀​ꦲꦢ​ꦭꦒꦶ​ꦠꦩꦤ꧀​ꦧꦺꦂꦩꦻꦤ꧀​ꦲꦸꦤ꧀ꦠꦸꦏ꧀​ꦏꦩꦶ꧈​​ꦠꦶꦢꦏ꧀​ꦲꦢ​ꦭꦒꦶ​ꦲꦶꦏꦤ꧀​ꦢꦶ​ꦱꦸꦔꦻ​ꦏꦩꦶ꧉​​ꦱꦺꦩꦸꦮꦚ​ꦢꦶꦒꦤ꧀ꦠꦶꦏꦤ꧀​ꦲꦺꦴꦭꦺꦃ​ꦧꦻꦴ​ꦪꦁ​ꦠꦶꦢꦏ꧀​ꦲꦼ꧀ꦤꦏ꧀꧉​

ꦩꦫꦶ​ꦱꦺꦭꦩꦠ꧀ꦏꦤ꧀​ꦱꦸꦔꦻ​ꦏꦶꦠ​ꦢꦺꦔꦤ꧀​ꦩꦺꦚ꧀ꦕꦺꦒꦃ​ꦱꦩ꧀ꦥꦃ​ꦩꦱꦸꦏ꧀​ꦏꦺ​ꦱꦸꦔꦻ꧉​​ꦱꦺꦲꦶꦁꦒ​ꦱꦸꦔꦻ​ꦏꦩꦶ​ꦪꦁ​ꦢꦸꦭꦸꦚ​ꦗꦺꦂꦤꦶꦃ​ꦢꦤ꧀​ꦲꦸꦭꦺꦠ꧀​ꦧꦶꦱ​ꦏꦺꦩ꧀ꦧꦭꦶ꧉​

Cerita Lucu dalam Aksara Jawa

Cerita Lucu Supir Kaget

Kisah lucu ini berasal dari supir taksi beserta penumpangnya. Saat itu penumpang ingin menanyakan sesuatu makanya ia menepuk punggung sang sopir. Hal ini menyebabkan supir kaget dan hampir mengalami kecelakaan yang sangat fatal. Setelah itu dia berhenti sejenak dan menenangkan diri.

Sang penumpang pun akhirnya minta maaf karena telah membuatnya kaget. Hal ini dikarenakan sebelum menjadi sopir taksi, dia menjadi sopir jenazah selama 30 tahun sehingga seolah-olah dia sedang membawa jenazah. Sopir itu masih belum bisa move on.

 ꦕꦺꦫꦶꦠ​ꦭꦸꦕꦸ​ꦱꦸꦥꦶꦂ​ꦏꦒꦼꦠ꧀

ꦏꦶꦱꦃ​ꦭꦸꦕꦸ​ꦲꦶꦤꦶ​ꦧꦺꦫꦱꦭ꧀​ꦢꦫꦶ​ꦱꦸꦥꦶꦂ​ꦠꦏ꧀ꦱꦶ​ꦧꦺꦱꦺꦂꦠ​ꦥꦺꦤꦸꦩ꧀ꦥꦁꦚ꧉​​ꦱꦴꦠ꧀​ꦲꦶꦠꦸ​ꦥꦺꦤꦸꦩ꧀ꦥꦁ​ꦲꦶꦔꦶꦤ꧀​ꦩꦺꦤꦚꦏꦤ꧀​ꦱꦺꦱꦸꦮꦠꦸ​ꦩꦏꦚ​ꦲꦶꦪ​ꦩꦺꦤꦺꦥꦸꦏ꧀​ꦥꦸꦁꦒꦸꦁ​ꦱꦁ​ꦱꦺꦴꦥꦶꦂ꧉​​ꦲꦭ꧀​ꦲꦶꦤꦶ​ꦩꦺꦚꦺꦧꦧ꧀ꦏꦤ꧀​ꦱꦸꦥꦶꦂ​ꦏꦒꦼꦠ꧀​ꦢꦤ꧀​ꦲꦩ꧀ꦥꦶꦂ​ꦩꦺꦔꦭꦩꦶ​ꦏꦺꦕꦺꦭꦏꦴꦤ꧀​ꦪꦁ​ꦱꦔꦠ꧀​ꦥ꦳ꦠꦭ꧀꧉​​ꦱꦺꦠꦺꦭꦃ​ꦲꦶꦠꦸ​ꦢꦶꦪ​ꦧꦺꦂꦲꦺꦤ꧀ꦠꦶ​ꦱꦺꦗꦺꦤꦏ꧀​ꦢꦤ꧀​ꦩꦺꦤꦺꦤꦁꦏꦤ꧀​ꦢꦶꦫꦶ꧉​

ꦱꦁ​ꦥꦺꦤꦸꦩ꧀ꦥꦁ​ꦥꦸꦤ꧀​ꦲꦑꦶꦂꦚ​ꦩꦶꦤ꧀ꦠ​ꦩꦴꦥ꦳꧀​ꦏꦫꦺꦤ​ꦠꦺꦭꦃ​ꦩꦺꦩ꧀ꦧꦸꦮꦠ꧀ꦚ​ꦏꦒꦼꦠ꧀꧉​​ꦲꦭ꧀​ꦲꦶꦤꦶ​ꦢꦶꦏꦫꦺꦤꦏꦤ꧀​ꦱꦺꦧꦺꦭꦸꦩ꧀​ꦩꦺꦚ꧀ꦗꦢꦶ​ꦱꦺꦴꦥꦶꦂ​ꦠꦏ꧀ꦱꦶ꧈​​ꦢꦶꦪ​ꦩꦺꦚ꧀ꦗꦢꦶ​ꦱꦺꦴꦥꦶꦂ​ꦗꦺꦤꦗ꦳ꦃ​ꦱꦺꦭꦩ​꧇꧓꧐꧇​​ꦠꦲꦸꦤ꧀​ꦱꦺꦲꦶꦁꦒ​ꦱꦺꦪꦺꦴꦭꦃ​ꦲꦺꦴꦭꦃ​ꦢꦶꦪ​ꦱꦺꦢꦁ​ꦩꦺꦩ꧀ꦧꦮ​ꦗꦺꦤꦗ꦳ꦃ꧉​​ꦱꦺꦴꦥꦶꦂ​ꦲꦶꦠꦸ​ꦩꦱꦶꦃ​ꦧꦺꦭꦸꦩ꧀​ꦧꦶꦱ​ꦩꦺꦴꦮ꦳ꦺ​ꦲꦺꦴꦤ꧀꧉

Kata-kata Mutiara dengan Huruf Aksara Jawa

Jangan berjalan di muka bumi dengan penuh kesombongan dan congkak karena sebentar lagi engkau akan masuk ke dalam bumi juga

ꦗꦔꦤ꧀​ꦧꦺꦂꦗꦭꦤ꧀​ꦢꦶ​ꦩꦸꦏ​ꦧꦸꦩꦶ​ꦢꦺꦔꦤ꧀​ꦥꦺꦤꦸꦃ​ꦏꦺꦱꦺꦴꦩ꧀ꦧꦺꦴꦔꦤ꧀​ꦢꦤ꧀​ꦕꦺꦴꦁꦏꦏ꧀​ꦏꦫꦺꦤ​ꦱꦺꦧꦺꦤ꧀ꦠꦂ​ꦭꦒꦶ​ꦲꦺꦁꦏꦻꦴ​ꦲꦏꦤ꧀​ꦩꦱꦸꦏ꧀​ꦏꦺ​ꦢꦭꦩ꧀​ꦧꦸꦩꦶ​ꦗꦸꦒ

Tidak tau harus berbuat apa ketika aku dipuji, Tapi aku akan belajar banyak hal ketika aku diremehkan.

ꦠꦶꦢꦏ꧀​ꦠꦻꦴ​ꦲꦫꦸꦱ꧀​ꦧꦺꦂꦧꦸꦮꦠ꧀​ꦲꦥ​ꦏꦺꦠꦶꦏ​ꦲꦏꦸ​ꦢꦶꦥꦸꦗꦶ꧈​​ꦠꦥꦶ​ꦲꦏꦸ​ꦲꦏꦤ꧀​ꦧꦺꦭꦗꦂ​ꦧꦚꦏ꧀​ꦲꦭ꧀​ꦏꦺꦠꦶꦏ​ꦲꦏꦸ​ꦢꦶꦉꦩꦼꦃꦏꦤ꧀꧉

Aku bisa hebat seperti dia, idolaku. Hanya saja aku perlu cara yang sesuai dengan diriku sendiri, tidak harus jadi duplikatnya.

ꦄꦏꦸ​ꦧꦶꦱ​ꦲꦼꦧꦠ꧀​ꦱꦺꦥꦺꦂꦠꦶ​ꦢꦶꦪ꧈​​ꦲꦶꦢꦺꦴꦭꦏꦸ꧉​​ꦲꦚ​ꦱꦗ​ꦲꦏꦸ​ꦥꦺꦂꦭꦸ​ꦕꦫ​ꦪꦁ​ꦱꦺꦱꦸꦮꦻ​ꦢꦺꦔꦤ꧀​ꦢꦶꦫꦶꦏꦸ​ꦱꦺꦤ꧀ꦢꦶꦫꦶ꧈​​ꦠꦶꦢꦏ꧀​ꦲꦫꦸꦱ꧀​ꦗꦢꦶ​ꦢꦸꦥ꧀ꦭꦶꦏꦠ꧀ꦚ꧉​

Nah, itulah tadi contoh cerita rakyat, cerita lucu, cerita pengalaman, dan kata-kata mutiara dalam tulisan aksara Jawa beserta artinya. Jika Anda mau request cerita lain agar ditulis ke dalam aksara Hanacaraka, sampaikanlah melalui kolom komentar di bawah. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Contoh Cerita Rakyat, Cerita Lucu, Cerita Pengalaman, dan Kata Mutiara dalam Tulisan Aksara Jawa"