Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Tulisan Melengkung di Corel Draw, Mudah dan Cepat

Pada kesempatan artikel kali ini, kita akan membahas bagaimana cara membuat tulisan melengkung di Corel Draw yang mana merupakan tutorial bagian kedua dalam serial belajar Corel Draw yang diajarkan di The Beats Blog ini.

cara membuat tulisan melengkung di corel draw

Tulisan melengkung biasa kita jumpai pada berbagai media desain, terutamanya pada stempel atau cap, logo, banner atau spanduk, poster, iklan, stiker, dan lain sebagainya.

Tulisan melengkung tersebut bisa kita buat pada Corel Draw dengan sangat mudah dan cepat. Terlebih jika kita telah mengetahui tool atau menu apa saja yang bisa digunakan.

Berikut ini akan saya bahas cara membuat tulisan melengkung di Corel Draw tersebut secara lengkap, mulai dari tool yang biasa digunakan, gambar pelengkap, serta beberapa teknik atau gaya lengkungan pada tulisan atau teks yang bisa kita kreasikan.
Kunjungi juga: Cara memotong gambar di Corel Draw

Cara Membuat Tulisan Melengkung di Corel Draw

Tulisan melengkung di Corel Draw bisa dibuat dengan membuat bentuk lengkungan seperti lingkaran terlebih dahulu kemudian membuat teks dan menjadikannya mengikuti bentuk lengkungan tersebut.

Berikut beberapa cara membuat tulisan mengikuti bentuk objek di Corel Draw tersebut yang bisa kita kreasikan.
Catatan: Cara membuat tulisan melengkung di Corel Draw ini bisa dipraktikkan pada versi berapa saja, entah itu versi X3, X4, X5, X6, X7, 2018, 2019, hingga Corel 2020 yang merupakan versi terbarunya saat ini.

Cara Membuat Tulisan di Dalam atau di Luar Lingkaran

1. Buat objek lingkaran dengan Ellipse Tool atau tekan tombol F7 pada keyboard.

buat objek lingkaran

2. Pilih Text Tool atau tekan F8 untuk cara membuat tulisan atau teks di Corel Draw.

cara membuat tulisan di corel draw

3. Tempatkan pointer tepat di atas garis lengkungan lingkaran dengan ditandai munculnya keterangan "edge".

tempatkan pointer pada lengkungan

4. Mulai mengetik teks atau tulisan. Teks yang sedang kita ketik secara otomatis akan mengikuti bentuk lengkungan lingkaran tersebut.

membuat tulisan mengikuti bentuk objek

5. Kita bisa mengatur posisi tulisan agar melengkung sesuai dengan yang kita inginkan dengan Pick Tool.

mengatur lengkungan ke tengah lingkaran

Jika kita menginginkan tulisan tersebut berada di tengah lengkungan lingkaran, geser tulisan tersebut ke tengah dan lepaskan hingga muncul garis merah sebagai penanda tulisan tersebut telah tepat berada di tengah.

6. Jika kita ingin tulisan tersebut melengkung di dalam lingkaran, cara membuat tulisan di dalam lingkaran di CorelDraw tersebut cukup kita tarik saja ke dalam dengan Pick Tool.

membuat tulisan di dalam lingkaran

7. Untuk memisahkan tulisan dengan objek lingkaran, seleksi keduanya, pilih menu Object dan klik Break Text Apart, atau bisa juga dengan shortcut Ctrl+K pada keyboard.

memisahkan tulisan dengan lingkaran

8. Tulisan dan objek lingkaran akan terpisah. Kita bisa menghapus objek lingkaran jika sudah tidak diperlukan.

menghapus objek lingkaran

Cara Membuat Tulisan Bergelombang

Cara membuat tulisan bergelombang di Corel Draw tutorialnya sama saja seperti di atas, bedanya hanya pada pembuatan objek garisnya saja.

1. Buat garis melengkung dan bergelombang dengan Bezier Tool, Pen Tool, atau tool lainnya yang sering kita gunakan.

buat garis bergelombang

2. Ketik tulisan menggunakan Teks Tool tepat di atas garis lengkungan dengan adanya tanda keterangan "edge".

menulis teks

3. Atur posisi tulisan agar melengkung dan bergelombang sesuai keinginan, dan tempatkan mau di atas ataukah di bawah garis.

cara membuat tulisan bergelombang di corel draw

4. Seleksi garis dan tulisan, tekan tombol Ctrl+K pada keyboard untuk memisahkan keduanya, dan hapus objek garis yang sudah tidak diperlukan. Tutorial membuat tulisan bergelombang di Corel Draw akhirnya selesai.

Itulah tutorial kita kali ini mengenai bagaimana cara membuat tulisan melengkung di Corel Draw, sangat mudah sekali bukan? Jika Anda ingin belajar Corel Draw dengan tutorial lainnya, silahkan Anda sampaikan melalui kolom komentar yang ada di bawah. Sekian dan terima kasih atas kunjungannya.

Post a Comment for "Cara Membuat Tulisan Melengkung di Corel Draw, Mudah dan Cepat"