Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Begini Cara Cek Kebenaran NISN Ku Sekaligus Mencarinya Jika Tidak Ditemukan

Tulisan saya kali ini akan memberikan sebuah tutorial bagaimana cara cek kebenaran NISN ku (yang berarti seorang siswa atau pelajar) sekaligus mencarinya jika hasilnya tidak ditemukan. Bagi Anda yang kebetulan sedang membutuhkan, silakan perhatikan dan ikuti dengan baik penjelasan dan panduannya di bawah ini.

cek kebenaran NISN ku

NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) adalah nomor tanda pengenal identitas yang dimiliki oleh setiap peserta didik yang terdaftar di sekolah Indonesia maupun sekolah Indonesia di luar negeri.

NISN ini memiliki nomor yang unik karena diawali dengan tahun lahirnya siswa yang memilikinya, nomor tersebut juga tidak mungkin berubah karena bersifat permanen. Meskipun begitu, NISN ini hanya berlaku selama pemiliknya menjadi seorang siswa atau pelajar saja.

Banyak siswa atau pelajar di Indonesia yang belum mengetahui apa itu NISN apalagi nomor tanda pengenal di dalamnya. Padahal, NISN ini sangat dibutuhkan sekali untuk meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi karena biasanya dijadikan sebagai dokumen yang harus dilampirkan ketika pendaftaran.

Jika Anda juga termasuk pelajar yang belum mengetahui nomor NISN, silakan ikuti cara cek kebenaran NISN ku sekaligus cara mencari NISN jika hasilnya tidak ditemukan di bawah ini. Dengan begitu, Anda tidak akan kebingungan jika akan mendaftar ke sekolah yang lebih tinggi.
Ingin memperbanyak like di status Facebook? Kunjungi artikel sebelumnya untuk melihat tips yang saya berikan.

Cara Mengecek Kebenaran NISN Ku

Cara cek kebenaran NISN sebenarnya sangatlah mudah karena Anda hanya perlu mengunjungi situs website milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan saja sehingga dapat Anda lakukan sendiri tanpa harus meminta tolong pada staf TI sekolah Anda.

Buka aplikasi browser lewat ponsel maupun desktop kemudian akses situs Kemendikbud tepatnya pada halaman URL https://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data.

Untuk mengecek kebenaran NISN, pilih tab menu Pencarian Berdasarkan NISN, masukkan nomor NISN yang masih diingat beserta nama ibu kandung Anda, kemudian klik tombol Cari.

cek kebenaran NISN

Jika NISN yang Anda tuliskan benar, maka akan muncul Info Siswa yang meliputi nomor NISN, nama, jenis kelamin, dan tempat tanggal lahir. Silakan Anda simpan dan cetak (print) untuk memiliki kartu NISN.

informasi siswa

Jika ternyata hasilnya tidak ditemukan, Anda bisa mencari nomor NISN yang benar dengan mengikuti cara berikut ini.

Cara Mencari Nomor NISN yang Benar

Setelah halaman situs website Kemendikbud terbuka, pilih tab menu Pencarian Berdasarkan Nama di bagian atas, isi nama lengkap, tempat tanggal lahir dan nama ibu Anda, kemudian klik tombol Cari.

cek NISN ku

Setelah itu, nomor NISN Anda yang benar akan terlihat. Anda bisa kembali melakukan cek NISN ku sebagaimana yang telah saya bahas di atas jika ingin mencetak kartu NISN.

hasil cek NISN

Itulah bagaimana cara cek kebenaran NISN ku sekaligus cara mencari NISN jika hasilnya tidak ditemukan. Sangat mudah bukan? Semoga bermanfaat, terima kasih telah berkunjung, dan sampai jumpa di artikel yang lain.

Post a Comment for "Begini Cara Cek Kebenaran NISN Ku Sekaligus Mencarinya Jika Tidak Ditemukan"