Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mencari NIK KTP Berdasarkan Nama, Ketahuilah Kebenarannya

Cara mencari NIK KTP berdasarkan nama, apakah ada layanan yang dapat melakukannya? Jika Anda sedang mempertanyakan hal yang sama, maka sangat tepat sekali Anda mengunjungi artikel ini karena informasi sekaligus jawaban dari pertanyaan tersebut akan dibahas secara lengkap sesuai dengan fakta yang telah kami peroleh.

Cara mencari NIK KTP berdasarkan nama

Sebelum lebih lanjut ke cara mencari NIK berdasarkan nama, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu NIK dan beberapa hal penting yang berkaitan dengannya.

NIK atau Nomor Induk Kependudukan adalah nomor identitas yang dimiliki oleh setiap orang yang terdaftar sebagai penduduk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang diberikan sekaligus diterbitkan oleh pemerintah setelah dilakukan pencatatan biodata.

Sebagai tanda pengenal, NIK tentunya memiliki sifat yang begitu unik. 16 digit nomor yang ada pada NIK tidak didapatkan begitu saja secara acak, namun mengodekan informasi tertentu terkait penduduk yang memilikinya. Oleh karena itulah mengapa nomor pada NIK ini tidak mungkin sama antara satu penduduk dengan penduduk lainnya di seluruh Indonesia.

Kembali ke inti pembahasan, adakah layanan untuk cara mencari NIK KTP berdasarkan nama dan tanggal lahir? Simak bahasan sekaligus jawabannya berikut ini.

Cara Mencari NIK Berdasarkan Nama

Setelah saya melakukan penelusuran, saya menemukan jawaban cara cari NIK KTP berdasarkan nama yang mungkin akan membuat Anda merasa sedikit kecewa.

Dulu, ada sebuah layanan untuk cek NIK online yang dibuka oleh Dukcapil Kemendagri pada sebuah halaman di website resmi milik mereka. Baca juga: Website jurnal internasional DOAJ

Namun, sejak 2016 yang lalu ternyata layanan ini telah ditutup guna mencegah adanya penyalahgunaan identitas oleh orang yang tak bertanggung jawab.

Sejak saat itu, Kemendagri tidak pernah lagi membuka layanan untuk cek NIK KTP secara online dalam bentuk apapun, termasuk dalam bentuk aplikasi untuk perangkat mobile seperti Android, iPhone, atau semacamnya.

Oleh karena itu, jika Anda menemui sebuah aplikasi maupun layanan yang berfungsi untuk mengecek NIK, dapat dipastikan bahwa aplikasi tersebut bukan resmi milik pemerintah dan tidak dapat terjamin kebenarannya.

Meskipun tidak ada layanan untuk mencari NIK berdasarkan nama, ternyata masih ada satu cara mencari sekaligus cara mengecek NIK KTP yang bisa Anda coba. Bagaimana tutorialnya? Berikut selengkapnya.

Cara Mencari dan Mengecek Nomor NIK

Sesuai kebijakan yang dikeluarkan oleh Menkominfo akhir-akhir ini, nomor NIK dan KK (Kartu Keluarga) yang valid merupakan syarat yang diperlukan pada saat registrasi kartu perdana.

Kartu perdana yang telah berhasil terregistrasi ternyata memiliki layanan untuk mencari dan mengecek NIK yang telah digunakan untuk mendaftarkan kartu perdana tersebut. Namun, tidak semua kartu perdana memiliki layanan ini.

Layanan untuk mencari nomor NIK hanya dimiliki oleh operator seluler XL atau Axis saja. Tidak seperti layanan mengecek NIK yang hampir semua operator memilikinya. Perlu diketahui, mengecek NIK dengan kartu perdana hanya dapat mengetahui sudah berapa jumlah kartu perdana yang telah terdaftar dengan NIK yang Anda miliki.

Untuk mencari nomor NIK pada kartu perdana XL atau Axis, dial kode *123*4444# di ponsel Anda kemudian ketuk ikon panggilan dimana kartu XL atau Axis Anda terpasang.

Mencari nik kartu XL Axis

Tunggu beberapa saat ketika kode USSD sedang berjalan. Setelah itu akan muncul Info operator yang berisi nomor Axis/XL yang Anda miliki beserta nomor NIK yang digunakan untuk mendaftarkannya. 6 digit nomor NIK yang disensor dengan tanda bintang merupakan tanggal lahir Anda dalam format HHBBTT (Hari, bulan, dan tahun).

info operator berisi NIK

Untuk mengecek ada berapa kartu perdana yang telah terdaftar dengan NIK yang Anda miliki, pilih 1 Cek Nomor kemudian ketuk Kirim.

Setelah itu akan muncul kembali info operator yang kali ini menginformasikan nomor-nomor kartu perdana yang telah terregistrasi dengan nomor NIK Anda yang ditampilkan pada info operator sebelumnya.

cara mengecek NIK KTP

Itulah informasi apakah cara mencari NIK berdasarkan nama memiliki layanannya atau tidak sekaligus cara mencari dan mengecek NIK melalui kartu perdana yang telah terregistrasi. Mudah-mudahan dapat Anda pahami dengan baik. Sekian dan terima kasih.

1 comment for "Cara Mencari NIK KTP Berdasarkan Nama, Ketahuilah Kebenarannya"