Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aksara Jawa Angka Lengkap dan Cara Menuliskannya

Apakah Anda sudah bisa menuliskan angka atau bilangan dalam aksara Jawa? Jika belum, mari kita sama-sama mempelajari bagaimana cara menulis aksara Jawa angka tersebut secara lengkap melalui bahasan kita pada artikel blog Thebeatstatseats kali ini.

aksara jawa angka

Sebagai sebuah sistem penulisan, aksara Jawa tentunya juga dilengkapi dengan aksara angka yang digunakan untuk menyatakan suatu bilangan atau nomor seperti satuan waktu, nomor telepon, nilai uang, dan lain sebagainya.

Berikut ini kita bisa mengamati seperti apa bentuk tulisan aksara Jawa angka tersebut dan bagaimana kita bisa menuliskannya dengan baik dan benar.
Ingin belajar aksara Jawa secara lengkap? Anda bisa mendapatkan ebook kamus aksara Jawa yang telah saya bagikan pada artikel sebelumnya.

Tulisan Aksara Jawa Angka Lengkap

Angka aksara Jawa memiliki sepuluh bilangan yang terdiri dari angka 0 sampai 9. Berikut bentuk tulisannya:

tulisan angka aksara jawa

Jika kita perhatikan, lebih dari separuh karakter tulisan aksara Jawa angka di atas memiliki bentuk yang mirip dengan karakter huruf aksara Jawa nglegena atau wyanjana. Berikut tabel persamaannya:

persamaan karakter aksara jawa angka

Lalu, bagaimana cara mengetahui apakah itu angka atau huruf dalam sebuah tulisan aksara Jawa? Kita bisa membedakannya dengan mudah karena bilangan atau nomor yang dituliskan dalam aksara Jawa angka selalu diapit dengan penanda yang disebut dengan pada pangkat (꧇). Misal, "Senin, 19 Januari 2019" harus ditulis dengan  ꦱꦺꦤꦶꦤ꧀꧈​​꧇꧑꧙꧇​​ꦗꦤꦸꦮꦫꦶ​꧇꧒꧐꧑꧙꧇ agar tidak dibaca "Senin, gaya Januari 2019".

Kemudian, bagaimana menulis angka aksara Jawa yang lebih besar dari 9? Sama seperti angka latin, kita bisa menggabungkan dua angka atau lebih dalam satu apitan. Misalnya, 12 ditulis dengan menggabungkan angka 1 dan 2 menjadi  ꧇꧑꧒꧇, 15 menjadi  ꧇꧑꧕꧇, 99 menjadi  ꧇꧙꧙꧇, 2020 menjadi  ꧇꧒꧐꧒꧐꧇, dan begitu seterusnya.

Agar lebih mudah bagi kita memahami penulisan aksara Jawa angka, mari kita lihat beberapa contoh tulisan aksara Jawa di bawah ini.

Contoh Tulisan Aksara Jawa Angka

  1. Harga telur adalah 1500 per butir:  ꦲꦂꦒ​ꦠꦺꦭꦸꦂ​ꦲꦢꦭꦃ​꧇꧑꧕꧐꧐꧇​​ꦥꦺꦂ​ꦧꦸꦠꦶꦂ
  2. Nomor telepon saya 083823962754:  ꦤꦺꦴꦩꦺꦴꦂ​ꦠꦺꦭꦺꦥꦺꦴꦤ꧀​ꦱꦪ​꧇꧐꧘꧓꧘꧒꧓꧙꧖꧒꧗꧕꧔꧇​​
  3. Saya lahir pada hari Selasa, 23 Februari 1999: ꦱꦪ​ꦭꦲꦶꦂ​ꦥꦢ​ꦲꦫꦶ​ꦱꦺꦭꦱ꧈​​꧇꧒꧓꧇​​ꦥ꦳ꦺꦧꦿꦸꦮꦫꦶ​꧇꧑꧙꧙꧙꧇
  4. Waktu Zhuhur adalah pukul 12.05 WIB:  ꦮꦏ꧀ꦠꦸ​ꦗ꦳꧀ꦲꦸꦲꦸꦂ​ꦲꦢꦭꦃ​ꦥꦸꦏꦸꦭ꧀​꧇꧑꧒꧇​꧉​꧇꧐꧕꧇​​ꦮꦆꦧ꧀
  5. 1 tahun ada 365 hari:  ꧇꧑꧇​​ꦠꦲꦸꦤ꧀​ꦲꦢ​꧇꧓꧖꧕꧇​​ꦲꦫꦶ

Demikianlah tulisan aksara Jawa angka lengkap serta bagaimana cara menuliskannya, sangat mudah dipelajari bukan? Mudah-mudahan membantu, terima kasih telah berkunjung, dan sampai jumpa pada artikel menarik selanjutnya.

Posting Komentar untuk "Aksara Jawa Angka Lengkap dan Cara Menuliskannya"