Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kamus Aksara Jawa Hanacaraka Lengkap dan Gratis, Unduh dalam Bentuk Buku PDF

Kamus aksara Jawa Hanacaraka lengkap, dengan memilikinya pasti akan sangat membantu kita yang sedang belajar menulis aksara Jawa dengan baik dan benar bukan? Tahukah Anda, ternyata kita bisa mengunduh kamus tersebut secara gratis pada artikel Thebeatstatseats kali ini, lho.

kamus aksara jawa

Perlu kita ketahui, kamus aksara Jawa di artikel ini tidak sama seperti kamus bahasa Inggris - Indonesia yang mungkin kita bayangkan. Hal ini tentu karena beberapa alasan.

Pertama, aksara Jawa adalah sistem penulisan dan bukanlah sebuah bahasa, sehingga kata dari bahasa apapun dapat ditulis dengan aksara Jawa ini. Oleh karena itu, alasan yang kedua adalah belum adanya cendekiawan yang secara khusus membuat sebuah kamus aksara Jawa ini baik dalam bentuk buku, aplikasi, maupun lainnya.

Lalu, kamus aksara Jawa seperti apakah yang tersedia di blog ini? Berikut penjelasannya.

Kamus Aksara Jawa Hanacaraka Lengkap

Kamus aksara Jawa yang akan kita dapatkan di artikel ini adalah sebuah e-book PDF berjudul "Pengenalan Aksara Jawa" karya Setya Amrih Prasaja, seorang guru Bahasa Jawa SMAN 2 Bantul sekaligus abdi dalem Kasultanan Ngayugyakarta Hadiningrat.

Mengapa ebook ini bisa saya katakan sebagai kamus aksara Jawa Hanacaraka?

Hal ini karena di dalam ebook itu mengajarkan aksara Jawa secara lengkap mulai dari aksara nglegena atau wyanjana dan pasangannya, aksara jawa AIUEO atau swara, aksara Jawa angka, adeg-adeg (tanda baca aksara Jawa), aksara jawa murda dan pasangannya, aksara rekan dan pasangannya, sandhangan aksara Jawa, dan lain sebagainya.

Tentu dengan semuanya itu, ebook ini akan dapat sangat membantu kita yang sedang mempelajari penulisan aksara Jawa bukan?

Oleh karena itu, tanpa perlu berlama-lama lagi mari kita dapatkan ebook kamus aksara Jawa tersebut dalam bentuk file PDF di bawah ini.


Kamus Aksara Jawa Online

Selain ebook karya Setya Amrih Prasaja di atas, kamus aksara Jawa saat ini juga bisa kita jumpai pada media-media online, khususnya pada situs atau aplikasi translate aksara Jawa seperti Nulisa yang telah saya bahas pada artikel sebelumnya.

Pada kamus aksara Jawa online tersebut, kita dapat mengubah setiap kata atau tulisan latin yang kita ketikkan ke dalam bentuk aksara Jawa maupun sebaliknya.

Selain itu, tulisan aksara Jawa hasil konversi dari kata latin yang kita masukkan juga bisa kita copy (salin) pada program Microsoft Word. Dengan begitu, maka penulisan aksara Hanacaraka bisa menjadi lebih mudah dan cepat dibanding kita menggunakan keyboard aksara Jawa.

Untuk pembahasan dan tutorial yang lebih lengkap mengenai kamus aksara Jawa translate tersebut, silakan Anda kunjungi artikel yang lain di blog ini seperti yang saya sampaikan di atas.

Itulah tadi dua kamus aksara Jawa lengkap dan gratis yang dapat kita manfaatkan untuk mempelajari penulisan Hanacaraka yang sekaligus mengakhiri pembahasan kita pada artikel kali ini. Mudah-mudahan bermanfaat dan terima kasih telah menyempatkan waktu untuk berkunjung.

Posting Komentar untuk "Kamus Aksara Jawa Hanacaraka Lengkap dan Gratis, Unduh dalam Bentuk Buku PDF"