Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Corel Draw Tidak Bisa Save, Print, dan Export, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Corel Draw tidak bisa save, print, dan export adalah salah satu masalah yang sering terjadi dan pasti dialami oleh sebagian pengguna. Sebenarnya apa si penyebab dan bagaimana cara mengatasi masalah tersebut? Di seri belajar Corel Draw kali ini kita akan membahasnya secara tuntas.

corel draw tidak bisa save

Corel Draw tidak bisa save, print, dan export tentunya akan menjadi kendala besar pada pembuatan desain grafis yang sedang kita kerjakan.

Bagaimana tidak, save, print, dan export merupakan menu-menu penting yang ada di Corel Draw. Jika tiga menu tersebut disable dan tidak bisa berfungsi, tentunya kita tidak akan bisa menyimpan file projek, mencetak desain yang telah kita buat, atau mengekspornya sebagai file gambar.

Yang lebih parah lagi, menu-menu penting lainnya di Corel Draw selain save, print, dan export juga ikut menjadi disable dan tidak bekerja sebagaimana fungsinya.

Lalu, apa sebabnya Corel Draw tidak bisa save, print, export, dan lain sebagainya? Berikut selengkapnya.
Kunjungi juga: Cara menghilangkan background di Corel Draw

Penyebab Corel Draw Tidak Bisa Save

Corel Draw tidak bisa save, print, dan export merupakan masalah umum yang dapat terjadi di semua versi, entah itu X7, X6, X5, X4, hingga versi terbarunya saat ini.

Setelah saya analisa, ternyata ada dua sebab yang sering membuat menu-menu di Corel Draw tersebut menjadi disable dan tidak dapat berfungsi. Apa saja itu?

1. Masa Trial Corel Draw telah Habis atau Expired

Corel Draw adalah salah satu software berbayar. Meskipun begitu, kita bisa mencobanya secara gratis dengan masa trial selama 30 hari atau satu bulan.

Apa yang terjadi setelah masa trial tersebut habis? Tentu saja beberapa fitur atau menu di dalam Corel Draw termasuk save, print, export, import, dan lain-lainnya menjadi disable secara otomatis sehingga tidak dapat bekerja sebagaimana fungsinya.

Corel Draw yang masa trialnya telah habis ternyata penyebab yang paling sering terjadi. Tak heran, karena kebanyakan pengguna hanya asal menginstalnya saja tanpa mengetahui bahwa ada masa trial untuk menggunakannya.

2. Ketahuan Menggunakan Aplikasi Bajakan

Untuk mengakali masa trial Corel Draw yang hanya 30 hari saja, banyak orang yang mengambil langkah alternatif. Salah satunya adalah memanfaatkan suatu program atau aplikasi yang bisa merubah masa trial tersebut menjadi permanen.

Jika sampai pihak Corel mengetahui penggunanya menggunakan aplikasi tersebut untuk membajak Corel Draw mereka, mereka memiliki akses untuk dapat men-disable atau mematikan fungsi beberapa menu yang ada di Corel Draw termasuk save, print, export, dan lain-lain.

Mereka juga akan memperingatkan pengguna tersebut agar selalu menggunakan aplikasi Corel Draw yang legal dengan membeli lisensinya.

Di atas tadi hanyalah dua dari sekian banyak penyebab kenapa Corel Draw tidak bisa save, print, dan export.

Lalu, bagaimana cara mengatasi disable save Corel Draw tersebut? Berikut tutorial selengkapnya.
Tutorial lainnya: Cara membuat tulisan melengkung di Corel Draw

Cara Mengatasi Corel Draw Tidak Bisa Save

Beda penyebab, tentu berbeda pula cara mengatasi Corel Draw tidak bisa save tersebut. Dan saya rasa, akan terlalu panjang jika saya membahasnya sekaligus di artikel ini.

Oleh karena itu, silahkan Anda beralih ke cara mengatasi Corel Draw tidak bisa save yang telah saya sediakan pembahasannya di artikel dan blog yang lain. Semoga bisa membantu.

Baiklah, sekian belajar Corel Draw kita kali ini mengenai kenapa Corel Draw tidak bisa save, print, dan export serta cara memperbaiki atau mengatasinya. Ada pertanyaan? Silahkan tinggalkan melalui kolom komentar di bawah. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Corel Draw Tidak Bisa Save, Print, dan Export, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya"