Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Joystick Tidak Terdeteksi di Game PC, Mudah dan Simpel

Joystick tidak terdeteksi di game PC atau laptop dapat kita atasi dengan sangat mudah dan simpel. Tidak percaya? Silahkan kalian ikuti tutorial sekaligus langkah-langkah cara mengatasi joystick tidak terdeteksi tersebut yang akan saya tunjukkan pada artikel Thebeatstatseats kali ini.

cara mengatasi joystick tidak terdeteksi

Kenapa joystick tidak terbaca di dalam game PC seperti PES 2017? Ternyata, salah satu alasannya adalah joystick yang kita miliki tidak kompatibel dengan game tersebut.

Misalnya saja joystick yang saya miliki. Saya memiliki twin USB joystick biasa dengan merk M-Tech yang saya beli di Lazada sekitar Rp80.000. Dilihat dari manapun, joystick tersebut sudah tentu tidak kompatibel dengan game-game PC saat ini.

Seperti terlihat di game Naruto Shippuden Ultimate Ninja Heroes Revolution pada screenshot di bawah ini, twin USB joystick tidak terdeteksi dengan status disconnected padahal joystick tersebut telah saya colokkan pada port USB laptop.

joystick tidak terdeteksi di game

Lalu, bagaimana cara mengatasi joystick tidak terdeteksi di game PC seperti yang saya alami? Berikut tutorial selengkapnya untuk kalian ikuti.
Baca juga: Lupa password Point Blank? Begini cara resetnya.

Cara Mengatasi Joystick Tidak Terdeteksi di Game PC

Seperti yang saya katakan, salah satu alasan kenapa joystick tidak terdeteksi di game adalah karena tidak kompatibel dengan game tersebut.

Oleh karena itu, cara mengatasi USB joystick tidak terdeteksi di PC adalah dengan menyeting joystick biasa yang kita miliki tersebut supaya kompatibel di semua game bahkan di semua emulator untuk PC seperti PPSSPP, PCSX2, EPSXE, dan lain-lain.

Salah satu cara menyeting USB joystick biasa adalah menggunakan program x360 Controller Emulator (x360ce). Namun, setelah saya coba ternyata muncul masalah yang baru, yakni joystick tidak terdeteksi di x360ce.

Meskipun begitu, ada cara lain yang bisa kita lakukan supaya joystick biasa bisa terdeteksi di game, yakni menginstal dua buah aplikasi driver joystick di PC atau laptop kita masing-masing. Berikut pembahasan dan langkah-langkah selengkapnya.

1. Install USB Network Driver

USB Network Driver bisa dikatakan adalah aplikasi drivernya semua merk dan tipe joystick. Kalian bisa menginstal driver joystick ini di semua Windows, mulai dari Windows 7 hingga Windows 10.

Kalian bisa unduh aplikasi driver joystick ini melalui tautan di bawah ini. Untuk cara memasangnya sama seperti kalian memasang aplikasi yang lain di laptop, jadi tidak akan saya bahas lebih detail.


2. Install USB Vibration Driver

Setelah kalian berhasil memasang USB Network Driver, maka langkah selanjutnya dalam cara mengatasi joystick tidak terdeteksi di game adalah memasang driver joystick kedua bernama USB Vibration Driver.

USB Vibration Driver sendiri adalah aplikasi driver joystick PC yang akan memberikan efek getar (vibrate) pada joystick yang kita miliki. Dengan kata lain, driver ini bisa menjadikan joystick murahan yang kita miliki terasa seperti joystick Xbox dan joystick mahal yang lainnya. Keren sekali bukan?

Silahkan kalian unduh kemudian instal aplikasi USB Vibration Driver tersebut melalui tautan di bawah ini.


Studi Kasus

Setelah saya memasang dua aplikasi driver joystick di atas, twin USB joystick biasa milik saya yang tadinya tidak dapat terbaca di game Naruto Shippuden Ultimate Ninja Heroes Revolution akhirnya bisa terdeteksi dan dapat digunakan sebagai controller game tersebut dengan baik.

joystick terdeteksi di game

Jika kalian masih tidak percaya, silahkan kalian tonton video di bawah ini di mana saya telah membuktikan sendiri keberhasilan saya dalam mengatasi joystick tidak terdeteksi di game PC dengan cara di atas.


Kesimpulan

Joystick tidak terdeteksi di game PC disebabkan karena tidak kompatibel-nya joystick yang kita punya sebagai controller game tersebut. Cara mengatasi joystick tidak terdeteksi adalah dengan memasang dua buah apk driver joystick bernama USB Network Driver dan USB Vibration Driver.

Seperti itulah bagaimana cara mengatasi joystick tidak terdeteksi di game maupun emulator untuk PC dengan sangat mudah dan simpel, semoga bisa bermanfaat dan membantu permasalahan joystick yang sedang kalian alami. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Mengatasi Joystick Tidak Terdeteksi di Game PC, Mudah dan Simpel"