Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Melihat Backup WhatsApp di Google Drive lewat HP dan Laptop

Cara melihat backup WhatsApp di Google Drive bisa Anda lakukan dengan sangat mudah baik melalui HP maupun laptop. Artikel The Beats Blog kali ini akan membahas tutorialnya secara lengkap untuk Anda praktikkan.

cara melihat backup whatsapp di google drive

Seperti Anda ketahui, WhatsApp memiliki fitur atau menu backup yang berfungsi untuk mencadangkan semua data seperti chat atau obrolan, media, log panggilan, stiker, dan lain-lain.

Backup atau cadangan WhatsApp ini sangat penting agar data WhatsApp Anda tidak hilang dan bisa dipulihkan kembali ketika Anda mengganti ponsel.

Selain itu, jika Anda ingin menggunakan aplikasi WhatsApp mod seperti GBWhatsApp, backup WhatsApp juga sangat dibutuhkan untuk memindahkan data WhatsApp resmi ke GBWhatsApp tersebut. Anda bisa mempelajari hal tersebut di artikel sebelumnya.

Backup data WhatsApp sendiri bisa Anda simpan ke penyimpanan internal ponsel atau secara online ke Google Drive, atau bisa juga Anda pilih keduanya.

Untuk melihat backup WhatsApp di penyimpanan internal ponsel, Anda hanya cukup membuka aplikasi file manager kemudian cari folder bernama "WhatsApp".

Lalu, bagaimana cara melihat backup WhatsApp di Google Drive? Anda bisa membuka aplikasi Google Drive di HP atau mengakses situs Google Drive dengan aplikasi browser di laptop. Berikut tutorial selengkapnya.

Cara Melihat Backup WhatsApp di Aplikasi Google Drive

melihat backup whatsapp di aplikasi google drive

Google Drive adalah salah satu aplikasi bawaan ponsel Android maupun iPhone. Jadi, Anda tidak perlu mendownload apalagi memasangnya di Google Play Store maupun App Store lagi.
  • ‌Buka aplikasi Google Drive dan pilih akun Google yang Anda gunakan untuk backup data WhatsApp.
  • ‌Ketuk ikon menu dan pilih Cadangan.
  • ‌Cari cadangan WhatsApp pada daftar cadangan yang ditampilkan.
  • Ketuk cadangan WhatsApp yang Anda temukan untuk melihat informasi selengkapnya.

Cara Melihat Backup WhatsApp di Situs Google Drive

melihat cadangan whatsapp di situs google drive

Untuk melihat hasil backup WhatsApp di situs Google Drive, Anda harus menggunakan aplikasi browser di laptop. Bisa juga dengan aplikasi browser ponsel tapi Anda harus mengaktifkan tampilan desktop terlebih dahulu.
  • ‌Kunjungi situs Google Drive kemudian masuk ke akun Google yang Anda gunakan untuk backup data WhatsApp.
  • ‌Lihat di sebelah kanan atas, klik ikon roda gigi dan pilih menu Setelan.
  • ‌Pilih menu Kelola Aplikasi.
  • Cari dan temukan backup data WhatsApp pada daftar aplikasi yang terhubung dengan Google Drive.
  • Cara melihat file backup WhatsApp di Google Drive melalui situsnya yang kedua, Anda juga bisa membuka tautan ini (https://drive.google.com/drive/backups) di aplikasi browser laptop Anda.

Perlu Anda ketahui, data backup WhatsApp di Google Drive yang Anda temukan hanya bisa Anda hapus dan nonaktifkan saja. Anda tidak bisa membuka, mengedit, memindahkan, apalagi mendownload data backup WhatsApp tersebut ke penyimpanan ponsel secara manual.

Cara melihat isi backup WhatsApp di Google Drive hanya bisa dilakukan melalui aplikasi yang bersangkutan, dalam hal ini adalah WhatsApp Messenger atau aplikasi WhatsApp mod yang bisa mengakses backup data WhatsApp di Google Drive.

Kesimpulan

Cara melihat backup WhatsApp di Google Drive bisa Anda praktikkan dengan aplikasi Google Drive di ponsel dan mengunjungi situs Google Drive dengan aplikasi browser di laptop. Data backup WhatsApp yang Anda temukan di Google Drive hanya bisa dihapus atau dinonaktifkan tanpa bisa dibuka, diedit, dipindahkan, atau didownload ke penyimpanan ponsel.

Seperti itulah bagaimana cara melihat backup WhatsApp di Google Drive yang bisa Anda praktikkan di ponsel atau laptop Anda masing-masing. Apakah Anda masih mengalami kesulitan? Anda bisa memanfaatkan kolom komentar yang ada di bawah ini untuk bertanya atau meminta bantuan kepada saya atau pengunjung yang lain. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Melihat Backup WhatsApp di Google Drive lewat HP dan Laptop"