Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Font Aksara Jawa, Download untuk Menulis Aksara Jawa dengan Baik

Pada artikel Thebeatstatseats kali ini, saya akan membagikan untuk Anda beberapa buah font aksara Jawa yang dapat Anda gunakan untuk menulis aksara Jawa secara digital dengan program Microsoft Word baik pada komputer maupun smartphone Android. Font tersebut tentunya bisa Anda download secara gratis dan sangat mudah.

font aksara jawa

Font aksara Jawa merupakan hal pertama yang sudah harus terinstal pada laptop sebelum Anda mulai mengetik aksara Hanacaraka dengan aplikasi keyboard aksara Jawa maupun dengan alat translate aksara Jawa Hanacaraka. Jika tidak atau belum terinstal, karakter aksara Jawa yang unik tidak dapat ditampilkan dengan baik dan malah menjadi kotak-kotak kecil sehingga tidak dapat dibaca.

Font aksara Jawa sendiri baru diperkenalkan pada Oktober 2009 saat dia resmi masuk ke dalam program Unicode. Sejak saat itu, mulailah bermunculan sejumlah font aksara Jawa asli yang beredar luas, seperti Hanacaraka/Pallawa oleh Teguh Budi Sayoga, JG Aksara Jawa oleh Jason Glavy, Tuladha Jejeg oleh R.S. Winahanto, dan lain sebagainya.

Sampai saat ini, masih sangat jarang website yang menyediakan font aksara Jawa free download. Oleh karena itu, sengaja saya mengumpulkan beberapa font yang ada saat ini dari berbagai sumber yang tentunya telah saya uji coba sendiri sebelum saya bagikan untuk Anda gunakan.

Silahkan Anda download font aksara Jawa online yang telah saya kumpulkan tersebut di bawah ini, instal di laptop Anda, kemudian gunakan untuk mengetik tulisan aksara Jawa pada program Microsoft Word. Font ini juga tentunya dapat Anda gunakan pada aplikasi Android seperti PicsArt, dan lain-lain.

Download Font Aksara Jawa Gratis

1. Tuladha Jejeg

tuladha jejeg font

Tuladha Jejeg adalah font aksara Jawa yang dibuat oleh R.S. Winahanto pada tahun 2013 silam dengan ciri khasnya berupa lebar goresan dengan karakter tebal tipis dan serif di beberapa glifnya.

Tuladha Jejeg juga merupakan font aksara Jawa yang paling lengkap dibandingkan dengan font lainnya. Hal ini karena Tuladha Jejeg dibuat menggunakan teknologi Graphite SIL sehingga mampu menampilkan semua bentuk karakter aksara Jawa yang telah masuk Unicode itu.

Font Tuladha Jejeg telah banyak digunakan oleh banyak situs untuk menampilkan aksara Jawa pada halamannya, terutama pada situs-situs Wikimedia Foundation seperti Wikipedia dan situs translate Jawa ke aksara Jawa.

Download | Tuladha Jejeg Font

2. Noto Sans Javanese

noto sans javanese

Sebagai salah satu pihak pengembang font terbesar di dunia, sepertinya Google juga tak ingin kalah saing dalam mengembangkan font yang mendukung penulisan karakter aksara Jawa yang begitu unik ini.

Hingga kemudian pada tahun 2014, Google akhirnya menerbitkan sebuah font aksara Jawa bernama Noto Sans Javanese. Tentu sebagai keluarga font Google, Noto Sans Javanese ini telah berstandar Unicode sehingga bisa digunakan di berbagai perangkat entah itu desktop maupun mobile.

Download | Noto Sans Javanese

3. Font Aksara Jawa Lainnya

Untuk mendapatkan font aksara Jawa Android atau komputer lebih banyak, silakan Anda lihat koleksi font aksara Jawa saya yang berada di blog Salam Tekno. Font seperti Hanacaraka, Javanese Text, Nawatura, Istaka, Jamawi, Kramawirya, hingga font bergaya jawa, dapat Anda temui di sana yang tentunya juga bisa Anda gunakan untuk menulis aksara Jawa dengan baik.

Demikianlah beberapa font aksara Jawa yang berhasil saya kumpulkan untuk Anda download secara gratis. Kini, tulisan Hanacaraka yang akan Anda ketik pastinya dapat ditampilkan dengan baik setelah Anda menginstal font yang telah Anda download tersebut. Ada pertanyaan? Anda bisa memanfaatkan kolom komentar yang ada di bawah artikel ini untuk menyampaikan pertanyaan maupun apapun kepada saya. Sekian dan terima kasih.

1 comment for "Font Aksara Jawa, Download untuk Menulis Aksara Jawa dengan Baik"