Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Translate Aksara Jawa Hanacaraka, Cara Mudah Menulis Aksara Jawa di Microsoft Word

Translate aksara Jawa Hanacaraka adalah alat yang dapat membantu dan mempermudah Anda yang sedang belajar atau ingin menulis aksara Jawa secara digital melalui program Microsoft Word di komputer maupun gadget secara mudah, cepat, dan tentunya tepat sesuai kaidah penulisannya.

translate aksara jawa hanacaraka

Sebelum saya beritahukan alat translate aksara Jawa apa yang saya maksud dapat mempermudah menulis aksara Jawa itu, alangkah baiknya kita bahas terlebih dahulu mengenai aksara Jawa itu sendiri serta apa saja hal yang dibutuhkan ketika akan menuliskannya secara digital.

Dikutip dari Wikipedia, Aksara Jawa atau lebih dikenal dengan sebutan Hanacaraka atau Carakan ialah satu dari sekian banyak aksara tradisional yang ada di Nusantara yang biasanya digunakan untuk menulis bahasa Jawa, bahasa Sunda, dan bahasa Sasak. Tahukah Anda, ternyata tulisan atau aksara Jawa ini berkerabat dekat dengan aksara Bali lho!

Kemudian untuk menulis aksara Jawa secara digital khususnya pada komputer, ada beberapa hal yang Anda butuhkan. Apa saja itu?

Pertama, Anda butuh sebuah font aksara Jawa agar karakter aksara Jawa yang unik dapat ditampilkan dengan baik ketika diketik dan tidak berubah menjadi kotak-kotak kecil. Anda bisa menggunakan font bernama Tuladha Jejeg yang pernah saya bagikan pada artikel yang lain di blog ini.

Kedua, untuk menulis aksara Jawa dengan cara manual, Anda harus menambahkan aksara Jawa pada bahasa keyboard di laptop Anda terlebih dahulu. Pelajari bagaimana menambahkan keyboard aksara Jawa tersebut pada artikel saya yang lain.

Terakhir, jika dengan cara manual Anda merasa kesusahan dalam menulis aksara Jawa, maka Anda membutuhkan alat translate aksara Jawa yang akan dibahas pada artikel ini.

Translate Aksara Jawa Hanacaraka

Tidak seperti Google Translate, translate aksara Jawa yang saya maksud adalah tool atau alat yang hanya dapat mengubah atau mengkonversi tulisan latin menjadi tulisan aksara Jawa maupun sebaliknya.

Translate aksara Jawa ke latin ini dapat kita jumpai dalam bentuk situs website, aplikasi untuk perangkat mobile, dan software konversi huruf latin ke huruf Jawa Hanacaraka untuk perangkat komputer.

Apakah Google Translate juga dapat men-translate aksara Jawa? Meskipun di dalamnya telah ada bahasa Jawa, namun dia tetap hanya berfungsi sebagai penerjemah dari suatu bahasa ke bahasa yang lain. Oleh karena itu, jawaban dari Google Translate aksara Jawa ke latin adalah tidak bisa untuk saat ini.

Dari banyaknya alat translate aksara Jawa ke Indonesia sekarang, saya hanya akan merekomendasikan satu saja dari alat tersebut yang mana adalah berupa situs website di internet yang bernama Nulisa.

Nulisa ini merupakan situs translate aksara Jawa online yang dibuat oleh seorang Wikipediawan dan Wiktionarian bahasa Indonesia bernama Bennylin pada 6 April 2013 silam yang bertujuan untuk mempermudah penulisan aksara Jawa dengan keyboard biasa (QWERTY) dan sekaligus berfungsi sebagai transliterasi teks dari latin ke Hanacaraka maupun sebaliknya.

Untuk menulis aksara Hanacaraka dengan alat translate aksara Jawa bernama Nulisa, silakan Anda pelajari tutorialnya di bawah ini.

Cara Menulis Hanacaraka dengan Translate Aksara Jawa

1. Pastikan Anda telah menginstal font aksara Jawa di komputer atau laptop Anda sebagaimana yang telah saya sampaikan di atas.

2. Kunjungi situs Nulisa Aksara Jawa dengan browser Chrome atau lainnya melalui tautan https://bennylin.github.io/transliterasijawa/ (copy dan paste di Address bar browser Anda).

3. Mulailah mengetik kata latin apa yang ingin Anda translate ke aksara Jawa. Selain huruf atau abjad, Anda juga bisa mengetikkan angka maupun tanda baca untuk ditranslate. Ketika Anda mengetik, contoh tulisan aksara Jawa dari apa yang Anda ketik juga akan terlihat pada pratayang. Tekan tombol Enter pada keyboard setelah Anda selesai mengetik kata latin.

translate aksara jawa ke latin

4. Hasil konversi berupa tulisan aksara Jawa Hanacaraka dari kata yang Anda ketik akan muncul pada kotak yang kedua. Untuk memeriksa apakah tulisan aksara Jawa tersebut benar, Anda bisa mengubahnya kembali ke tulisan latin dengan klik tombol Jawa > Latin di bawahnya. Salin (copy) tulisan aksara Jawa hasil translate.

salin aksara jawa hasil translate

5. Buka program Microsoft Word, pilih jenis font aksara Jawa yang telah Anda instal sebelumnya, klik tanda panah kecil di bawah ikon Paste, kemudian pilih Keep Text Only. Jika di laptop Anda belum terpasang program Microsoft Word untuk menulis aksara Jawa, kunjungi cara download Microsoft Office untuk mendapatkannya.

menulis aksara jawa di word

6. Terakhir, Anda bisa melengkapi tulisan aksara Jawa yang telah terpaste pada Microsoft Word dengan tulisan atau teks latin sesuai keinginan Anda.

lengkapi aksara jawa dengan tulisan

Update! Sekarang ini telah hadir aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk translate aksara Jawa foto dengan kamera yang ada di smartphone Android, namanya adalah Bagaskara. Review dan tutorial menggunakannya telah saya bahas di artikel yang ada di tautan pada kalimat ini.

Pelajari lebih lengkap cara mengetik tulisan Hanacaraka dengan alat translate aksara Jawa ini melalui video tutorial di bawah ini.


Dengan menggunakan alat translate aksara Jawa Hanacaraka di atas, menulis aksara Jawa melalui program Microsoft Word menjadi lebih mudah bukan? Tulis tanggapan, komentar, maupun pertanyaan Anda melalui kolom komentar yang ada di bawah artikel ini. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Translate Aksara Jawa Hanacaraka, Cara Mudah Menulis Aksara Jawa di Microsoft Word"