Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keyboard Aksara Jawa, Begini Cara Memasang dan Menggunakannya di Android

Hai, pada artikel Thebeatstatseats kali ini kita akan sama-sama membahas mengenai keyboard aksara Jawa serta bagaimana cara memasangnya di smartphone Android kita. Bagi Anda yang sedang ingin belajar menulis aksara Jawa di perangkat Android, tentunya pembahasan kita kali ini akan bisa sangat membantu Anda.

keyboard aksara jawa

Sebagaimana kita tahu, keyboard adalah salah satu aplikasi yang wajib terinstal pada Android. Tanpa adanya aplikasi keyboard, tentunya akan sulit bagi kita dalam menulis atau mengetik tulisan, teks, pesan, chat, atau yang lainnya.

Begitu juga apabila kita ingin mengetik tulisan aksara Jawa pada smartphone Android. Kita harus memasang aplikasi keyboard aksara Jawa Apk terlebih dahulu agar dengan aplikasi tersebut kita dapat mengetikkan huruf (abjad), angka, maupun tanda baca dalam aksara Jawa dengan baik.

Oleh karena itu, mari langsung saja kita bahas bagaimana cara memasang dan menambahkan aplikasi keyboard aksara Jawa di smartphone Android kita melalui tutorial di bawah ini.

Aplikasi Keyboard Aksara Jawa Android Tanpa Root

Tahukah Anda bahwa ternyata keyboard aksara Jawa Apk ini telah terpasang di smartphone Android kita masing-masing lho! Ya, apalagi maksudnya kalau bukan aplikasi keyboard buatan Google yang bernama GBoard.

GBoard (Google Keyboard) merupakan aplikasi keyboard bawaan dari Android yang dapat kita tambahkan aksara Jawa di dalam bahasanya. Oleh karena itu, kita tidak perlu lagi untuk download keyboard aksara Jawa online yang lain pada Google Play Store.

Berikut ini adalah langkah-langkah bagaimana cara menambahkan aksara Jawa pada daftar bahasa di aplikasi keyboard aksara Jawa Android bernama Google Keyboard (GBoard) tersebut.

Cara Menambahkan Aksara Jawa pada Google Keyboard

1. Buka Setelan > Setelan tambahan > Bahasa & masukan pada smartphone Android Anda.

setelan tambahan Android

2. Pastikan pada keyboard saat ini yang terpilih adalah Pengetikan multibahasa - Gboard, kemudian ketuk menu Gboard di bawahnya.

bahasa & masukkan

3. Setelan Google Keyboard akan terbuka. Sekarang, pilih dan buka menu Bahasa untuk menambahkan aksara Jawa di dalamnya.

setelan google keyboard

4. Daftar bahasa yang digunakan oleh GBoard pada smartphone Android Anda saat ini akan terlihat. Ketuk tombol Tambahkan Keyboard.

tambahkan keyboard

5. Carilah bahasa Jawa, kemudian pilih Jawa (Aksara Jawa) di dalamnya.

cari dan pilih bahasa jawa krama

6. Pastikan bahasa aksara Jawa telah tercentang dan ketuk Selesai.

tambahkan keyboard aksara jawa

7. Dengan langkah-langkah di atas, maka aksara Jawa berhasil ditambahkan pada daftar bahasa Google Keyboard di smartphone Android Anda.

aksara jawa ditambahkan

Cara Menggunakan Keyboard Aksara Jawa pada GBoard

Untuk mengetik aksara Jawa menggunakan aplikasi Google Keyboard yang telah kita tambahkan bahasanya tadi, ikuti tutorialnya berikut ini.

1. Buka aplikasi pesan, catatan, WhatsApp, atau aplikasi apapun yang biasa Anda gunakan untuk mengetik.

2. Untuk mengganti bahasa keyboard dari latin menjadi aksara Jawa, tekan lama tombol spasi dan pilih Jawa (Aksara Jawa).

ubah bahasa keyboard

3. Tombol-tombol pada GBoard akan berubah menjadi aksara Jawa. Sekarang, mulailah mengetik kata, kalimat, atau tulisan yang Anda inginkan dengan keyboard aksara Jawa tersebut.

mengetik aksara jawa

4. Untuk mengganti kembali tombol-tombol keyboard tersebut menjadi huruf latin, Anda bisa kembali menekan lama tombol spasi seperti sebelumnya.

5. Masih bingung dengan cara memasang dan menggunakan keyboard aksara Jawa di atas? Anda bisa menonton video di bawah ini untuk lebih jelasnya.


Tidak seperti menulis Hanacaraka pada komputer, untuk mengetik Hanacaraka di smartphone Android kita tidak perlu membutuhkan dan memasang font aksara Jawa terlebih dahulu. Hal ini karena dengan font bawaan Android saja, karakter aksara Jawa yang unik tersebut bisa langsung ditampilkan dengan baik.

Bagi Anda yang masih kesulitan dalam menulis Hanacaraka yang benar dengan aplikasi keyboard aksara Jawa di atas, Anda bisa coba menggunakan alat translate aksara Jawa Hanacaraka yang telah saya bahas pada artikel sebelumnya. Dengan alat tersebut, menulis aksara Jawa yang benar akan terasa lebih mudah karena cukup dengan metode copy dan paste saja.

Nah, demikianlah pembahasan kita kali ini tentang aplikasi keyboard aksara Jawa serta bagaimana cara memasang dan menggunakannya di smartphone Android. Silahkan tinggalkan jejak Anda melalui kolom komentar yang ada di bawah ini. Sekian dan terima kasih.

4 comments for "Keyboard Aksara Jawa, Begini Cara Memasang dan Menggunakannya di Android"

  1. Saya udah berhasil buat install Gboard Aksara Jawa nih. Tapi waktu coba bikin pasangan, kok gagal terus ya? Tau cara masukin pasangan ga? Makasih...

    ReplyDelete
  2. Pake simbol pangkon di kanan bawah

    ReplyDelete