Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tulisan Lathi dalam Aksara Jawa, Begini Cara Membuatnya dengan Mudah

Tulisan Lathi dalam aksara Jawa bisa Anda buat dengan sangat mudah pada smartphone maupun PC. Artikel The Beats Blog kali ini akan menunjukkan kepada Anda tutorial dan langkah-langkahnya untuk Anda praktikkan.

tulisan lathi dalam aksara jawa

Seperti yang Anda tahu, Lathi adalah sebuah lagu karya Weird Genius yang berkolaborasi dengan seorang penyanyi bernama Sara Fajira.

Lagu Lathi dibuat dengan memadukan unsur modern dan unsur tradisional. Tidak hanya pada instrumen atau musiknya saja, perpaduan tersebut bisa dilihat juga pada lirik hingga pada nama atau judul lagu tersebut.

Jika Anda perhatikan pada judul lagu Lathi, di sana terdapat satu kata dalam aksara Jawa "ꦭꦛꦶ" yang bermakna Lathi juga jika diartikan ke dalam kata latin.

Tahukah Anda bagaimana cara membuat tulisan aksara Jawa Lathi tersebut di smartphone maupun PC? Silahkan simak dan ikuti tutorialnya di bawah ini.

Cara Membuat Tulisan Lathi dalam Aksara Jawa

Tulisan aksara Jawa Lathi bisa Anda buat atau tulis dengan mudah dan cepat menggunakan sebuah alat translate aksara Jawa bernama Nulisa yang dikembangkan oleh seorang Wikipediawan bernama Bennylin.

Fungsi utama alat ini adalah mengubah tulisan latin yang Anda masukkan di dalamnya menjadi bentuk karakter aksara Jawa maupun sebaliknya. Langsung saja Anda ikuti langkah-langkahnya menggunakannya berikut ini.
  • ‌Buka aplikasi browser di smartphone atau PC Anda.
  • ‌Kunjungi situs Nulisa Aksara Jawa.
  • ‌Ketikkan kata "Lathi" ke dalam kotak yang pertama. Ketika mengetik, pratayang tulisan aksara Jawa yang telah Anda ketik akan terlihat di bagian atas.

    ketik tulisan lathi
  • ‌Tekan tombol Enter pada keyboard setelah mengetik. Tulisan Jawa Lathi akan muncul di kotak yang kedua.

    aksara jawa lathi
  • ‌Salin (copy) tulisan Lathi aksara Jawa yang muncul.

    menyalin tulisan lathi aksara jawa
  • ‌Tempelkan (paste) tulisan aksara Jawa Lathi yang telah Anda salin ke program Microsoft Word atau lainnya sesuai kebutuhan.
Khusus di PC, jika tulisan aksara Jawa yang telah ditempelkan malah berubah menjadi kotak-kotak kecil, itu artinya di PC tersebut belum terpasang font yang mendukung dan bisa membaca karakter aksara Jawa tersebut.

Anda bisa mengunduh font aksara Jawa bernama Tuladha Jejeg yang saya sediakan di bawah ini. Setelah itu, silahkan Anda pasang tersebut kemudian coba lagi untuk menempelkan tulisan aksara Jawa Lathi.

Informasi Tambahan

Alat translate aksara Jawa sebagaimana yang saya bahas di atas tidak hanya bisa mengubah satu kata latin saja. Lebih dari itu, alat tersebut juga bisa sekaligus mengubah kalimat, angka, hingga tanda baca.

Di bawah ini akan saya perlihatkan dua buah contoh kalimat dalam aksara Jawa yang dibangun dari kata Lathi menggunakan alat atau tool Nulisa Aksara Jawa.
  1. Tulisan aksara Jawa ajining dhiri saka lathi: ꦲꦗꦶꦤꦶꦁ​ꦝꦶꦫꦶ​ꦱꦏ​ꦭꦛꦶ
  2. Tulisan aksara Jawa ajining dhiri gumantung ing lathi: ꦲꦗꦶꦤꦶꦁ​ꦝꦶꦫꦶ​ꦒꦸꦩꦤ꧀ꦠꦸꦁ​ꦲꦶꦁ​ꦭꦛꦶ
Begitulah cara mudah dan cepat dalam membuat atau menulis tulisan Lathi dalam aksara Jawa. Jika Anda masih kebingungan, silahkan Anda lihat dan pelajari video di bawah ini dengan baik.

Post a Comment for "Tulisan Lathi dalam Aksara Jawa, Begini Cara Membuatnya dengan Mudah"