Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Translate Aksara Jawa Foto dengan Kamera Aplikasi Bagaskara

Translate aksara Jawa foto. Di artikel The Beats Blog kali ini saya ingin menginformasikan kepada Anda bahwa sekarang telah hadir aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk menerjemahkan tulisan latin ke aksara Jawa menggunakan kamera pada smartphone Android.

translate aksara jawa foto

Aplikasi kamera translate aksara Jawa tersebut adalah Bagaskara yang dibuat oleh seorang pengembang atau developer Android bernama Prieyudha Akadita S.

Aplikasi translate aksara Jawa foto bernama Bagaskara ini dikembangkan dengan kode program yang sama seperti yang digunakan oleh situs Nulisa milik Bennylin. Anda bisa melihat pembahasan situs tersebut pada artikel sebelumnya tentang translate aksara Jawa Hanacaraka.

Dengan bentuk aplikasi Android, Bagaskara ini tentunya memiliki kelebihan dibandingkan dengan Nulisa yang hanya berbentuk situs website. Salah satu kelebihannya adalah Anda bisa translate aksara Jawa menggunakan foto. Berikut tutorial selengkapnya.

Memasang Bagaskara, Aplikasi Kamera Translate Aksara Jawa

Sebelum pada tutorial terjemahan aksara Jawa foto, tentunya Anda harus memasang aplikasi Bagaskara di smartphone Android Anda terlebih dahulu.

Aplikasi Bagaskara ini belum tersedia di Google Play Store karena masih dalam tahap pengembangan. Oleh karena itu, silahkan Anda ikuti cara download dan memasang aplikasi Bagaskara tersebut di bawah ini.
  1. ‌Unduh aplikasi Bagaskara di sini.
  2. ‌Ekstrak file aplikasi Bagaskara yang selesai Anda download.
  3. ‌Pilih aplikasi Bagaskara yang sesuai dengan arsitektur smartphone. Silahkan pasang aplikasi CPU-Z di Play Store untuk mengetahui arsitektur pada smartphone Android Anda.
  4. Instal aplikasi Bagaskara seperti biasa Anda menginstal aplikasi yang lain.
  5. Tunggu proses pemasangan aplikasi translate aksara Jawa lewat foto hingga selesai.

Tutorial Translate Aksara Jawa dengan Foto

Setelah Bagaskara selesai dipasang, maka Anda akan langsung bisa melakukan translate aksara Jawa ke latin maupun sebaliknya dari latin ke aksara Jawa dengan mudah dan cepat.

Adapun untuk cara translate aksara Jawa lewat foto, ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.
  1. ‌Buka aplikasi Bagaskara.
  2. ‌Ketuk ikon kamera yang ada di pojok kanan bawah.

    ketuk ikon kamera

  3. ‌Muncul informasi bahwa Bagaskara hanya bisa scan tulisan latin menjadi aksara Jawa saja dan belum bisa sebaliknya. Ketuk Mengerti untuk melanjutkan.

    ketuk mengerti

  4. ‌Arahkan kamera Anda pada tulisan yang akan Anda translate ke aksara Jawa kemudian potret.

    kamera translate aksara jawa

  5. ‌Ketuk tombol ceklis.

    ketuk tanda ceklis

  6. ‌Translate aksara Jawa foto dengan kamera selesai.

    translate aksara jawa dengan foto selesai

Seperti yang Anda lihat di atas, aplikasi Bagaskara belum dapat melakukan translate aksara Jawa foto menjadi tulisan latin karena masih dalam tahap pengembangan. Mungkin nanti kalau sudah sempurna, Prieyudha Akadita S akan menerbitkannya ke dalam Google Play Store. Oleh karena itu, kita tunggu saja ada kabar baik dari beliau.

Itulah pembahasan translate aksara Jawa foto menggunakan kamera dengan aplikasi Bagaskara yang bisa saya informasikan pada artikel kali ini. Ikuti terus blog ini dan dapatkan informasi-informasi menarik lainnya yang tentunya sayang jika Anda lewatkan. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Translate Aksara Jawa Foto dengan Kamera Aplikasi Bagaskara"