Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Meeting di Google Meet di HP Android dan PC atau Laptop

Cara membuat meeting di Google Meet. Dalam situasi pandemi Covid-19 sekarang ini, banyak sekolah dan kampus yang akhirnya terpaksa tidak mengadakan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka dan mengalihkannya dengan pembelajaran secara daring (online).

cara membuat meeting di google meet

Hal ini tentu saja berakibat pada meningkatnya penggunaan aplikasi konferensi video seperti Google Meet. Sebagai sarana penunjang dalam pembelajaran online, Google Meet mampu mempertemukan hingga 100 orang dalam sebuah rapat (meeting).

Sebelum menggunakan Google Meet untuk kelas online, kita sebagai seorang guru atau dosen tentunya harus sudah mengerti bagaimana cara membuat rapat di Google Meet tersebut, kemudian membagikan kode maupun link-nya ke semua murid supaya mereka dapat join (bergabung) ke rapat yang sudah kita buat.

Cara membuat meeting di Google Meet sendiri bisa kita lakukan dengan sangat mudah melalui HP Android maupun PC atau laptop. Berikut akan saya jelaskan tutorialnya untuk Anda praktikkan.

Baca juga: Cara join Google Meet

Cara Membuat Meeting di Google Meet di HP Android

  • Buka aplikasi Google Meet di HP Android Anda.
  • Ketuk tombol buat Rapat baru.
  • Ada tiga cara membuat rapat di Google Meet yang bisa Anda gunakan, yaitu:
  1. Dapatkan link rapat untuk dibagikan, pilih ini untuk cara membuat link meeting di Google Meet. Anda tidak akan langsung berada di dalam rapat sebelum memasukkan kode tersebut ke menu Gabung pakai kode.
  2. Mulai rapat instan. Sebaiknya gunakan ini karena Anda akan langsung membuat room di Google Meet yang di dalamnya juga terdapat link atau kode rapatnya untuk Anda bagikan.
  3. Jadwalkan di Google Kalender, pilih ini jika Anda ingin membuat meeting di Google Meet terjadwal. Sayangnya, untuk membuat jadwal rapat di Google Meet Anda harus memasang aplikasi Google Kalender dulu sebelum bisa menggunakan pilihan ini.
  • Setelah memulai rapat instan, maka sekarang Anda sudah bisa membuat rapat di Google Meet untuk kelas online Anda.

Cara Membuat Meeting di Google Meet PC dan Laptop

Cara membuat meeting di Google Meet di laptop dan PC sebenarnya sama saja tutorialnya seperti lewat HP Android tadi. Hanya saja, untuk menggunakan Google Meet di laptop kita hanya bisa mengunjungi websitenya karena aplikasi Google Meet untuk laptop saat ini masih belum tersedia.

Kunjungi juga: Cara download Google Meet di laptop

  1. ‌Buka browser Google Chrome di laptop atau PC Anda.
  2. ‌Pastikan Anda sudah login ke dalam akun Google.
  3. ‌Akses website Google Meet melalui link meet.google.com.
  4. Klik tombol Rapat baru.
  5. ‌Pilih Mulai rapat instan atau yang lainnya yang ingin Anda gunakan.
  6. ‌Klik Gabung sekarang setelah rapat Anda siap.
  7. Salin info akses berupa link rapat Google Meet tersebut dan bagikan lah ke para siswa Anda.
  8. Cara membuat meeting di Google Meet PC selesai.

Oh iya, jika Anda ingin mengubah nama Anda ketika berada di dalam rapat, silahkan kunjungi dan praktikkan cara mengganti nama di Google Meet pada artikel sebelum ini.

Dan itulah cara membuat meeting di Google Meet di HP Android dan PC atau laptop. Sangat mudah sekali bukan? Ikuti terus blog ini untuk mendapatkan tutorial Google Meet lainnya yang tentunya sayang untuk Anda lewatkan. Sekian dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Meeting di Google Meet di HP Android dan PC atau Laptop"